Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Berdalih Ruangan Full, Puskesmas Arosbaya Bangkalan Tolak Pasien Balita Sesak Napas

Media Jatim
Puskesmas
(Dok. Media Jatim) Sejumlah kendaraan pengunjung terparkir di depan Puskesmas Arosbaya, Desa Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan.

Bangkalan, mediajatim.com — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Arosbaya, Bangkalan, menolak pasien balita saat hendak periksa bersama ibunya, Kamis (7/3/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Balita berusia dua tahun ini mengalami sesak napas sehingga dilarikan ke Puskesmas Arosbaya. Sayangnya, pihak Puskesmas menolaknya dengan dalih ruangan penuh dan alat medis tidak ada.

Warga Desa Arosbaya, Kecamatan Arosbaya Rifqi Arifuddin mengaku kecewa terhadap pelayanan Puskesmas setempat, karena anaknya yang sedang sakit justru ditolak saat hendak periksa.

“Anak saya sakit, oleh istri saya dibawa ke Puskesmas sekitar pukul 02.00-03.00 WIB dini hari. Sampai di sana, langsung ditolak oleh perawat Puskesmas,” ungkapnya, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga:  374 Pendaftar Rebut 20 Kursi Komisioner di Zona 1 Jawa Timur

Lebih lanjut Rifqi menerangkan, saat kejadian, dirinya sedang ada di luar kota. “Jadi saya hanya komunikasi via telepon dengan perawat Puskesmas,” ujarnya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Rifqi mengaku sudah memohon-mohon kepada perawat Puskesmas agar berkenan memeriksa anaknya yang sedang sakit itu.

“Tapi oleh perawatnya langsung ditolak, alasannya penuh. Kata perawat itu, memang banyak pasien datang langsung ditolak, baik pasien dewasa atau balita,” terangnya.

Meski sudah ditolak, Rifqi tidak menyerah. Dia terus memohon kepada pihak Puskesmas agar melakukan diagnosis awal untuk mengetahui penyakit yang menimpa anaknya itu.

Baca Juga:  Santri Annuqayah Lubangsa Putri Jadi Duta Indonesia dalam Forum Kepemudaan di Jepang

“Tapi tetap ditolak, alasannya, alatnya tidak ada. Malah perawat itu meminta agar dibawa ke Puskesmas lain yang jaraknya cukup jauh,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Arosbaya Anita Oktavia mengatakan masih akan menanyakan kejadian tersebut ke para perawat di Puskesmas.

Sebab saat kejadian, kata Anita, pihaknya tidak ada di Puskesmas. “Saat ini saya masih belum bisa berkomentar apa-apa karena belum mengetahui kronologinya. Nanti akan kami rapatkan,” singkatnya.(hel/faj)