Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Atasi Genangan Air Wilayah Kota, Dinas PUTR Sumenep Bakal Pasang Gorong-Gorong di Desa Pabian

Media Jatim
(Dok. Media Jatim) Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Dinas PUTR Sumenep Dedi Falahuddin.

Sumenep, mediajatim.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sumenep bakal memasang Box Culvert atau gorong-gorong di Jalan dr. Cipto, Desa Pabian, Kecamatan Kota, Sumenep tahun ini.

Banner Iklan Media Jatim

Kepala Dinas PUTR Sumenep Eri Susanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Dedi Falahuddin menjelaskan, pemasangan gorong-gorong tersebut sebagai solusi mengatasi genangan air di wilayah kota.

“Jadi, tergenangnya air usai hujan besar diupayakan bisa teratasi dengan gorong-gorong ini nanti,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (25/3/2024).

Karena jika tidak diberi gorong-gorong, kata Dedi, kemungkinan besar air tetap menggenang saat hujan deras. Maka dari itu, butuh penanganan cepat agar tidak menyusahkan pengendara.

“Namun anggaran yang tersedia untuk proyek ini masih Rp1,3 miliar. Dan masih membutuhkan Rp1,2 miliar lagi,” jelasnya.

Untuk ukuran gorong-gorong yang nanti akan dipasang, lanjut Dedi, yakni 310 meter plus 30 meter.

Dedi menambahkan, pemasangan gorong-gorong di Jalan dr. Cipto, Desa Pabian, Kecamatan Kota itu wajib terlaksana, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

“Proyek yang pendanaannya dari APBD Sumenep 2024 ini kini masih belum dikerjakan, karena butuh anggaran tambahan melalui perubahan APBD,” ujarnya.

Baca Juga:  Terkait Sentra Batik Klampar yang Mandek, DPRD Pamekasan Bakal Panggil Disperindag

Lebih lanjut Dedi menerangkan bahwa pengerjaan gorong-gorong ini harus selesai dengan tepat dan tidak setengah-setengah sehingga tidak ada genangan air lagi di wilayah kota, terutama saat musim hujan. “Semoga lekas terealisasi,” pungkasnya.(rif/faj)