Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Jelang Iduladha Nanti, DKPP Pamekasan Bakal Cek Kesehatan Hewan Kurban selama 20 Hari

Media Jatim
Hewan
(Dok. tvOneNews.com) Ilustrasi hewan kurban.

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan bakal mengecek kesehatan hewan ternak 20 hari sebelum Iduladha 1445 nanti.

Banner Iklan Media Jatim

Rencana pengecekan kesehatan hewan kurban, seperti sapi dan kambing ini, untuk mengantisipasi adanya penyakit hewan agar tidak menular ke manusia.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) DKPP Pamekasan Slamet Budiharsono menerangkan, pengecekan hewan kurban ini rutin dilakukan setiap menjelang Iduladha.

“Menjelang Iduladha nanti, jual beli hewan ternak pasti akan melonjak drastis, sebab memang menjadi kebutuhan,” ungkapnya, Selasa (23/4/2024).

Karena itulah, pihaknya akan melakukan pengecekan kesehatan hewan selama 20 hari sebelum perayaan Iduladha.

“Cek kesehatan hewan kurban ini nanti tidak hanya di pasar-pasar sapi, melainkan juga di perkumpulan sapi kurban desa,” ucapnya.

Untuk lokasi pasti pengecekan, kata Slamet, masih menunggu dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). “Sebab mereka yang lebih tahu detailnya,” jelasnya.

Terlepas dari itu, Slamet berharap, hewan kurban yang nanti bakal diperjualbelikan oleh peternak bebas dari penyakit. “Jika memang terkena penyakit, hendaknya disehatkan dulu sebelum dibawa ke pasar,” pungkasnya.(rif/faj)