Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Kemenag Sumenep Pastikan 16 CJH Lansia Bisa Berangkat di Gelombang II

Media Jatim
CJH Sumenep 2024
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep di Jalan KH Agus Salim Nomor 286, Jumat (17/5/2024)

Sumenep, mediajatim.com — Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep akan memberangkatkan Calon Jemaah Haji (CJH) gelombang II pada 7 Juni 2024 mendatang.

Jumlah CJH yang akan diberangkatkan 894 orang. 16 di antaranya sudah lanjut usia (lansia).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumenep Mohammad Qais menyampaikan bahwa 16 CJH lansia itu sudah pasti layak diberangkatkan.

Kepastian itu didasari hasil medical check up yang dilakukan oleh Kemenag yang bekerja sama dengan Dinkes setempat pada Februari 2024 di puskesmas tempat CJH beralamat.

“Tahun ini, kesehatan menjadi prioritas bagi CJH. Otomatis kalau mereka sudah lulus medical check up, berarti mereka memungkinkan untuk berangkat,” tuturnya saat dikonfirmasi mediajatim.com, Jumat (17/5/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Kemenag Sumenep, lanjut Qais, tidak hanya memeriksa fisik, tapi juga mengecek kesehatan pikiran dan kejiwaan CJH.

Baca Juga:  Mendengarkan Cerita Pak Said Suka Berbagi Uang

“Fisik, pikiran dan kejiwaan itu sudah satu paket pemeriksaan yang dilakukan ke semua CJH di puskesmas,” bebernya.

Salah satu CJH asal Dusun Samundung Utara, Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng bernama Sawi mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan pemeriksaan ke Puskesmas Lenteng.

Dia juga telah melakukan vaksinasi pertama di Puskesmas setempat dan vaksinasi kedua di Puskesmas Batuan. Hasilnya sehat dan dia dinyatakan layak untuk berangkat menunaikan ibadah haji.

“Alhamdulillah bisa berangkat ke tanah suci,” tutur lelaki 86 tahun tersebut.(mj2/ky)