Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Bersama BRIN, UNIJA Mulai Susun Naskah Akademik Pemurnian Bawang Merah Var Rubaru Sumenep

Media Jatim
BRIN dan UNIJA Sumenep
(Ikhwan Fakarisman/Media Jatim) UNIJA dan BRIN menggelar rapat penyusunan naskah akademik pemurnian Bawang Merah varietas Rubaru, Kabupaten Sumenep di Gedung Rektorat Lantai II kampus setempat, Rabu (22/5/2024)

Sumenep, mediajatim.com — Fakultas Pertanian (FP) Universitas Wiraraja (UNIJA) menjalin kerja sama dengan Pusat Riset Tanaman Hortikultura Organisasi Riset Pertanian dan Pangan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Banner Iklan Media Jatim

Kerja sama tersebut merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken UNIJA dan BRIN pada 2022 dalam pengembangan komoditas lokal Bawang Merah Varietas (Var) Rubaru, Kabupaten Sumenep.

Mengkonkritkan kerja sama itu, UNIJA dan BRIN bertemu di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai II UNIJA membahas penyusunan naskah akademik pemurnian Bawang Merah Var Rubaru, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga:  UNIJA Teken Kerja sama dengan UniSZA Malaysia Bidang Riset dan Publikasi Internasional

Dekan FP UNIJA Isdiantoni mengatakan bahwa Bawang Merah varietas Rubaru yang dikenal selama ini telah mengalami banyak variasi di lapangan sehingga sulit sekali dikenali mana varietas aslinya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

“Dengan demikian penyebutan bawang merah Var Rubaru kurang bisa dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya, Rabu (22/5/2024).

Menurut dia, perlu ada riset pemurnian bawang merah Var Rubaru agar mendapat pengakuan indeks geografis untuk kemudian didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga:  65 Desa di Sumenep Alami Kekeringan, BPBD Hanya Salurkan Air Bersih ke 14 Titik

“Dengan begitu akan melindungi produsen dan konsumen dari pemalsuan produk khas wilayah dalam hal ini Bawang Merah Var Rubaru asal Kabupaten Sumenep,” sambungnya.

Agar usaha ini maksimal, pihak FP UNIJA mengaku akan mengomunikasikan rencana ini dengan dinas terkait di Sumenep.

“Agar dapat dibangun kesamaan pandangan dan komitmen terhadap pengembangan komoditas lokal Sumenep yang ditujukan untuk menigkatkan kesejahteran para pelaku sektor pertanian,” pungkasnya.(mj2/ky)