Dosen Sistem Informasi UNIJA Jadi Guest Lecturer di Universiti Teknologi MARA Malaysia

Media Jatim
LPPM Unija Madura
(Dok. Media Jatim) Kepala LPPM UNIJA Anik Anekawati saat menyampaikan materi di Guest Lecture UiTM Malaysia, Selasa (21/5/2024)

Internasional, mediajatim.com — Dosen Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas Wiraraja (UNIJA) Anik Anekawati mendapatkan kehormatan menjadi pemateri pada Guest Lecture Universiti Teknologi MARA (UiTM), Shah Alam, Malaysia, Selasa (21/5/2024).

Guest Lecture UiTM ini merupakan kegiatan perkuliahan yang diisi oleh dosen tamu asing. Anik diundang program Pascasiswazah Koleg Pengajian Bina Alam UiTM. Kegiatan ini dihelat di Bilik Rican, Gedung B.

Pada Guest Lecture tersebut, Anik menerangkan hasil risetnya selama lima tahun terakhir tentang metode statistik bertajuk; “Spatial Structural Equation Modelling: New Method in Statistics”.

“Metode ini merupakan salah satu pemodelan yang melibatkan variabel laten (SEM) dan lokasi (spasial) yang menggambarkan spill over effect,” tutur Anik kepada mediajatim.com, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga:  Wow, Ada Tahsin di Universitas Dr. Soebandi Jember

Metode statistik ini, kata Anik, dapat digunakan untuk pemodelan atas fenomena sosial yang melibatkan spill over effect, seperti economic growth modelling, poverty modelling, the Covid-19 spread modelling dan lain-lain.

Kepala LPPM UNIJA itu berharap metode baru yang telah dikembangkan ini dapat diaplikasikan oleh mahasiswa atau dosen di Koleg Pengajian Bina Alam dan fakultas lain di UiTM.

“Semoga bisa bermanfaat sebagai tool statistic dalam riset-riset mereka,” pungkasnya.(mj2/ky)