WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

RSUD Smart Pamekasan Jadi Rumah Sakit Pendidikan Satelit Pertama di Madura

Media Jatim
RSUD
(Dok. Instagram RSUD Smart Pamekasan) Serah terima Praktik Klinik D3 Kebidanan Stikes Sukma Wijaya Sampang di RSUD Smart Pamekasan pada 24 Februari 2024 lalu.

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan ditunjuk sebagai Rumah Sakit Pendidikan (RSP) jenis Satelit pertama di Madura oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 31 Tahun 2022 Pasal 6 ayat 1, RSP jenis Satelit merupakan rumah sakit umum yang digunakan lembaga pendidikan untuk membina kompetensi tenaga kesehatan.

Direktur RSUD Smart Pamekasan dr. Raden Budi Santoso mengatakan, ada banyak institusi pendidikan yang ingin belajar ke RSUD Smart, baik dari Madura maupun dari luar.

Banner Iklan Media Jatim

“Untuk Fakultas Kedokteran (FK) ada dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang mengirimkan mahasiswa koasnya. Sedangkan dari FK Universitas Brawijaya (UB) dan FK Universitas Airlangga (UNAIR) mengirim mahasiswa PPDS,” paparnya, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga:  Tahun Baru, Ini Alasan GP Ansor Apresiasi Pemkab Pamekasan

Selain itu, lanjut dr. Budi, ada juga dari jurusan keperawatan, kebidanan, farmasi, dan fisioterapi UNAIR yang telah mengirim mahasiswanya. “Lalu ada pula dari POLTERA, UIM, dan IAI Nazhatut Thullab Sampang,” imbuhnya.

Banyak kampus yang ingin belajar ke RSUD Smart Pamekasan, kata dr. Budi, karena fasilitas, sarana dan prasarananya sangat mendukung.(fit/faj/**)