Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Kusuma Hospital Pamekasan Punya Layanan Melahirkan Normal tanpa Rasa Nyeri

Media Jatim
Kusuma Pamekasan
(M. Arif/Media Jatim) Talk show tentang persalinan normal tanpa nyeri di RSU Kusuma, Sabtu (22/6/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Rumah Sakit Umum (RSU) Kusuma Pamekasan menggelar talk show bertajuk “Kupas Tuntas Persalinan Normal tanpa Nyeri dengan Metode Ila Wela” di Aula Rani Lani RS setempat, Sabtu (22/6/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Talk show dengan narasumber dr. Aceng Apandi dan dr. Tatik Sujiati itu diikuti sekitar 50 bidan dari berbagai Puskesmas di Pamekasan dan Sumenep.

Direktur Kusuma Hospital dr. Achmad Marsuki mengatakan bahwa pihaknya memberikan atensi khusus terhadap kesehatan ibu dan anak sejak dalam kandungan.

“Kami berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi keselamatan ibu dan anak sejak dalam kandungan hingga melahirkan,” ungkapnya, Sabtu (22/6/2024).

Upaya ini, kata dr. Marsuki, salah satunya diwujudkan dengan persalinan melalui metode Ila Wela sehingga ibu bisa melahirkan dengan normal tanpa merasakan nyeri.

Baca Juga:  Klaster Pasar Kolpajung Bertambah, Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan Jadi 27 Orang

“Jadi semua perempuan yang pernah melahirkan pasti merasakan nyeri yang luar biasa saat persalinan, nah, dengan metode ini nyeri akan dikurangi,” jelasnya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Narasumber talk show sekaligus Owner RSU Kusuma dr. Tatik Sujiati mengatakan bahwa banyak perempuan yang trauma saat hendak melahirkan sebab nyeri yang luar biasa.

“Kami ingin menghadirkan rasa aman kepada ibu hamil dari nyeri saat persalinan melalui metode Ila Wela ini,” tuturnya, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga:  Tak Sampai 5 Menit, Sepeda Motor Warga Lenyap saat Pesan Tok Patok di Pegantenan Pamekasan

Dia menilai, banyak perempuan yang mudah memilih melakukan operasi sebab takut tidak mampu menahan sakit saat melahirkan saat melahirkan.

“Di RSU Kusuma, kami telah menyediakan dokter yang kompeten dan sudah mengikuti pelatihan khusus untuk melaksanakan metode Ila Wela,” bebernya.

Untuk diketahui, metode Intrathecal Labour Analgesia (ILA) Walking Epidural Lumbar Analgesia (WELA) merupakan metode medis untuk ibu hamil agar bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit.

Metodenya yakni menyuntikkan obat melalui tulang belakang bagian bawah dan membuat bagian pinggang sampai kaki mati rasa. Obat disuntikkan saat sudah pembukaan persalinan empat atau lebih.(rif/ky)