WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Dorong Energi Terbarukan, PLN Madura Serahkan 500 REC ke Pemkab Sumenep!

Media Jatim
REC PLN Madura
(Dok. Media Jatim) Manajer PLN UP3 Pamekasan Fahmi Fahresi menyerahkan REC ke Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Minggu (30/6/2024).

Madura, mediajatim.com — PLN UP3 Pamekasan menyerahkan 500 unit Renewable Energy Certificate (REC) kepada Pemkab Sumenep pada Acara Madura EV Day, Minggu (30/6/2024).

Penyerahan REC ini sebagai wujud dari komitmen PLN UP3 Pamekasan mendukung upaya Pemkab Sumenep mewujudkan target emisi nol bersih atau net zero emission.

Sementara yang dimaksud sertifikat REC sendiri merupakan sertifikat yang mewakili satu megawatt hour (MWh) energi terbarukan yang telah dihasilkan dan disalurkan ke jaringan listrik.

Dengan menggunakan REC ini maka Pemkab Sumenep dapat mengklaim penggunaan energi terbarukan meskipun secara fisik masih menggunakan energi listrik dari PLN.

Baca Juga:  Pesan Pj Bupati Pamekasan di Malam Syukuran Perpanjangan Masa Jabatan Kades: Perbaiki Layanan!

Manajer PLN UP3 Pamekasan Fahmi Fahresi mengapresiasi langkah Pemkab Sumenep menggunakan energi terbarukan.

“Kami mengapresiasi langkah maju Pemkab Sumenep menggunakan energi terbarukan. Kami harap penyerahan REC ini dapat mendorong penggunaan energi yang ramah lingkungan di Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Banner Iklan Media Jatim

Penyerahan REC ini, lanjut Fahmi, menjadikan Pemkab Sumenep sebagai pengguna REC terbanyak di kategori pelanggan pemerintah.

“Ini tentu menunjukkan komitmen kuat Pemkab Sumenep dalam transisi menuju energi yang lebih ramah lingkungan,” sambung Fahmi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan terima kasih kepada PLN.

Baca Juga:  Direktur RSUD Pamekasan Sebut Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati sekitar 10 Jam

“Pemerintah Sumenep terus mendukung program PLN dalam menggunakan energi ramah lingkungan. Penyerahan REC ini akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan target emisi nol bersih di Kabupaten Sumenep,” ujar Bupati Fauzi.

Selain penyerahan REC, PLN UP3 Pamekasan juga menggelar kegiatan penanaman pohon di sekitar Kantor Bupati Sumenep.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran manajemen PLN UP3 Pamekasan, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sumenep dan masyarakat setempat.(**/ky)