Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Pangkas Antrean ke Poliklinik, RSUD Smart Pamekasan Sediakan Pendaftaran Online Lewat Aplikasi

Media Jatim
RSUD
(Dok. Instagram PKRS RSUD Smart Pamekasan) Anggota Promosi PKRS RSUD Smart Pamekasan Samsul Hidayat memaparkan Pendaftaran Online Poliklinik Rawat Jalan di ruang PKRS setempat, Jumat (12/7/2024).

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan mengadakan Talkshow Interaktif Kupas Tuntas terkait Pendaftaran Online Poliklinik Rawat Jalan di rumah sakit setempat, Jumat (12/7/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, anggota Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Samsul Hidayat.

Pria yang akrab disapa Dayat itu menjelaskan, untuk memangkas antrean pasien yang mencapai angka ribuan setiap bulannya, RSUD Smart dituntut untuk mencari solusi cerdas.

Karena itulah, kata Dayat, RSUD Smart Pamekasan meluncurkan aplikasi Pendaftaran Rawat Jalan Online Spot Smart.

“Spot Smart merupakan layanan terobosan yang terus kami kembangkan dan sempurnakan. Dapat diunduh di Play Store dan sudah tiga tahun berjalan,” paparnya, Jumat (12/7/2024).

Kata Dayat, penggunaan aplikasi tersebut mudah. “Ikuti saja langkah-langkahnya dan pilih poliklinik yang dituju, nanti akan keluar nomor antrean,” paparnya.

Baca Juga:  Klinik Mata Sampang Resmi Dibuka, Bisa Operasi Katarak Kurang dari 10 Menit dengan Peralatan Canggih!

Nomor antrean yang diperoleh dari pendaftaran online itu, sambung Dayat, nanti bisa langsung ditunjukkan ke staf yang bertugas saat berkunjung ke RSUD Smart Pamekasan.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

“Untuk pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), akan dipandu melakukan finger print. Kalau untuk pasien umum akan didaftarkan di Anjungan Bersama Mandiri (ABM) kami, setelah selesai, lanjut ke poliklinik yang dituju,” paparnya.

Meski dalam tahap pengenalan aplikasi ini sempat ada kendala, tutur Dayat, saat ini sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini.

“Pantauan kami, sekarang penggunanya sudah banyak. Karena aplikasi ini memang didesain ramah pada pengguna awam, dengan fitur-fitur yang familiar. Daftarnya mudah, cukup dengan email dan nomor handphone yang aktif dan data diri sesuai KTP,” ungkapnya.

Baca Juga:  PBB Pamekasan Daftarkan 45 Bacaleg, 75 Persen Kaum Milenial

Dayat menambahkan, pasien BPJS juga bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mendaftar online, dengan mengisi data diri sesuai KTP, KK, dan kartu BPJS.

“Kami sebagai penyedia layanan kesehatan ditarget oleh BPJS untuk mencapai tingkat penggunaan aplikasi JKN Mobile sebesar 25 persen. Jadi kami juga ikut mempromosikan untuk memaksimalkan penggunaan JKN Mobile di RSUD Smart,” ujarnya.

Untuk memudahkan masyarakat memanfaatkan JKN Mobile, lanjut Dayat, pihaknya telah menyediakan Pojok JKN Mobile untuk membantu pasien BPJS.

“Karena tidak semua masyarakat kita bisa menggunakan JKN Mobile, pengetahuan digitalnya tidak sama setiap pasien, di Pojok JKN Mobile ini kami bantu. Sehingga penggunaan JKN Mobile bisa maksimal dan target Faskes kami dapat tercapai,” pungkasnya.(fit/faj/**)