WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Perangkat Desa Karang Gayam Bangkalan Dibelikan Motor PCX, Kades: Mereka Tak Akan Digaji Sementara! 

Media Jatim
Desa
(Dok. Media Jatim) Kepala Desa Karang Gayam, Kecamatan Blega, Bangkalan Asdiri (dua dari kanan) saat foto bersama dengan perangkat desa di kediamannya, desa setempat, Minggu (14/7/2024).

Bangkalan, mediajatim.com — Kepala Desa Karang Gayam, Kecamatan Blega, Bangkalan membelikan tujuh motor PCX 160 untuk perangkat desanya, Minggu (14/7/2024).

Kepala Desa Karang Gayam, Kecamatan Blega Bangkalan Asdiri menerangkan, motor PCX 160 itu dibeli untuk menunjang kinerja perangkat desa.

“Motor tersebut saya beli cash, untuk menunjang perangkat desa melayani masyarakat di setiap dusun,” ungkapnya, Selasa (16/7/2024).

Adapun dana pembelian motor PCX ini, lanjut Asdiri, dari gaji perangkat desa sendiri. “Ini sudah kesepakatan bersama, para perangkat desa sangat bersedia tidak digaji sementara hingga tanggungan motornya selesai,” terangnya.

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-24, Sanggar Seni Makan Ati Gelar Pementasan Empat Kabupaten di Madura

Kata Asdiri, kesepakatan dengan perangkat Desa tersebut sudah melalui musyawarah bersama. Bahkan juga sudah dibuatkan perjanjian dan berita acara yang ditandatangani semua pihak, jadi tidak ada unsur paksaan.

Banner Iklan Media Jatim

“Tidak semua perangkat desa punya motor, sehingga mereka memang butuh untuk lebih mudah memberikan pelayanan pada masyarakat,” terangnya.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Rudiyanto mengatakan, jika kepala desa secara cuma-cuma membelikan motor PCX itu ke perangkatnya berarti bagus.

“Tetapi jika ada kesepakatan yang terjadi di luar kedinasan, itu di luar wewenang saya,” ungkapnya, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga:  Tim Gabungan Ringkus 3 Orang Tersangka Bom Bondet di Rumah Ketua KPPS Pamekasan

Rudiyanto juga menuturkan, terkait penggunaan gaji perangkat desa itu adalah hak masing-masing perangkat.

“Gaji ini kan nontunai, pemerintah akan tetap memberikan hak tersebut sesuai dengan aturan. Nah, akan digunakan seperti apa nanti oleh yang bersangkutan, itu hak mereka,” paparnya.(hel/faj)

Respon (3)

  1. Bagus la klu gitu semoga pak kades nya d berikan badan sehat dan umur panjang.didesa kami jgn kan mau belikan perangkat desa nya motor dinas nya aja gak boleh d pakai

  2. Tidak mencerminkan contoh yg baik kepada warga, jadi sesekali terlihat arogan, kasihan rakyat nya

Komentar ditutup.