WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

SMPN 1 Sumenep Gelar MPLS 2024, Kepsek Kenalkan 2 Kelas Unggulan untuk 300 Siswa Baru

Media Jatim
SMPN
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Kepala SMPN 1 Sumenep Syaiful Rahman Dasuki (baju putih) saat memotivasi siswa baru pada kegiatan MPLS, Rabu (17/7/2024).

Sumenep, mediajatim.com — SMP Negeri 1 Sumenep melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024-2025 di lingkungan sekolah setempat sejak Senin (15/7/2024) hingga Rabu (17/7/2024).

MPLS yang diikuti oleh 300 siswa baru ini mengangkat tema, “Murid Senang, Guru Bersemangat dan Orang Tua Berbahagia”.

Kepala SMPN 1 Sumenep Syaiful Rahman Dasuki mengatakan, konsep MPLS tahun ini sesuai intruksi Kemendikbud RI.

“Sesuai intruksi Kemendikbud RI, MPLS adalah masa adaptasi atau penyesuaian siswa dari SD ke SMP,” ucapnya, Rabu (17/7/2024).

Pada kegiatan MPLS ini, ujar Syaiful, pihak sekolah juga mengenalkan dua kelas khusus yang bisa dijadikan pilihan oleh siswa baru dalam meningkatkan kapasitas dan keilmuannya.

Banner Iklan Media Jatim

“Dua kelas khusus ini, yaitu Kelas Tahfiz dan Kelas Pembinaan Olimpiade (Binol). Kami persilakan mereka untuk memilih salah satu yang diminati,” imbuhnya.

Baca Juga:  Optimalkan Kualitas Guru Melalui SNTP

Pada saat yang sama, SMPN 1 Sumenep juga melaksanakan tes seleksi bagi siswa baru untuk masuk di dua kelas unggulan ini.

“Yang lulus di kelas Binol nanti, akan ditempatkan di kelas VII 1. Sementara yang lulus tahfiz nanti di kelas VII 2. Kelas VII 3 sampai VII 10 kelas reguler yang diacak sesuai heterogenitas yang ada,” tutur Syaiful.

Pihaknya menambahkan bahwa MPLS SMPN 1 Sumenep tahun ini dikemas dengan konsep kekinian, salah satunya dengan meminta siswa membuat vlog.

“Vlog yang dibuat siswa ini nanti akan ditampilkan pada malam penutupan menggunakan videotron yang akan disaksikan oleh wali siswa dan semua guru,” pungkasnya.(man/faj/**)