WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

2 Hari Disdikbud Pamekasan Latih Siswa dan Guru Membuat Topeng dan Sothong Ghettak

Media Jatim
Pembuatan Topeng Ghettak Pamekasan
(Fitria M/Media Jatim) Iskandar memaparkan cara membuat Topeng Ghettak di depan peserta Bimtek, Selasa (23/7/2024).

Pamekasan, mediajatim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemekasan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pembuatan Topeng Ghettak dan Sothong/Mahkota Tari Ghettak selama dua hari, Selasa (23/7/2024) hingga Rabu (24/7/2024).

Bimtek ini diselenggarakan di Halaman Museum Mandhilaras di Jalan Cokroaminoto, Kota Pamekasan. Sementara pesertanya yakni perwakilan siswa dan guru SMP negeri dan swasta serta perwakilan sanggar seni.

Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Siti Fatimah menerangkan bahwa tujuan utama kegiatan ini ialah untuk menindaklanjuti Bimtek Tari Topeng Ghettak dan Ronding yang dilaksanakan pada 29 Mei 2024 lalu.

Baca Juga:  Anggap Vonis Kurang Berat, Kuasa Hukum Korban Pelecehan Seksual di Masalembu Desak JPU Ajukan Banding

“Kalau Bimtek yang kemarin itu tariannya, kemudian kami tindak lanjuti hari ini untuk memberikan bimbingan pembuatan atributnya. Hari ini pembuatan Topeng Ghettak, besok pembuatan sothong atau mahkotanya,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (23/7/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Fatimah menambahkan, puncak kegiatan Bimtek Pembuatan Topeng Ghettak dan Tari Ronding ini yakni pada Festival Tari Topeng Ghettak dan Tari Ronding Oktober 2024 mendatang.

“Jadi Bimtek ini satu rangkaian hingga nanti puncaknya di Festival. Untuk Tari Topeng Ghettak pesertanya siswa SMP. Untuk Tari Ronding pesertanya siswa SD se-Kabupaten Pamekasan,” paparnya.

Baca Juga:  Kunjungi Desa Lembung Pamekasan, Risma Janji Bantu Petani Tingkatkan Kualitas Garam

Dia berharap dengan kegiatan ini para peserta nantinya tidak kebingungan mencari sewaan atribut untuk Tari Topeng Ghettak dan Ronding ketika ada kesempatan untuk tampil.

“Diharapkan mereka tidak kesulitan mencari atau menyewa karena mereka sudah bisa membuatnya sendiri,” tuturnya.

Untuk diketahui, di Bimtek ini, Disdikbud Pamekasan mengundang seniman pahat bernama Iskandar asal Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu. Dialah yang memberikan tutorial pembuatan Topeng Ghettak.(fit/ky)