WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Siapkan Alumni dan Calon Lulusan Masuk Dunia Kerja, UTM Datangkan 12 Perusahaan di Pekan Karir 2024

Media Jatim
UTM
(Dok. Humas UTM) Koordinator Pengembangan Karakter dan Alumni LP3MP UTM Sigit Dwi Saputro (baju putih lengan pendek di barisan depan) saat berfoto bersama peserta Pekan Karir 2024 di Gedung Cakra kampus setempat, Rabu (24/7/2024).

Bangkalan, mediajatim.com — Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Pengembangan Mutu Pendidikan (LP3MP) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar Pekan Karir 2024 di Gedung Cakra UTM, Rabu (24/7/2024).

Koordinator Pengembangan Karakter dan Alumni LP3MP UTM Sigit Dwi Saputro mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk menyiapkan para alumni dan calon lulusan agar bisa memilih karir yang tepat.

“Kegiatan ini kami berikan kepada para mahasiswa yang akan segera lulus, yang telah menyelesaikan ujian skripsi dan para alumni agar lebih siap memilih karir yang tepat, baik yang ingin menjadi ASN, bekerja, maupun yang ingin studi lanjut S2 atau S3 melalui beasiswa,” ungkapnya, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga:  Dalam Lima Tahun Terakhir, 44 SD di Bangkalan Tutup lantaran Kehabisan Siswa

Kata Sigit, Pakan Karir 2024 ini dikemas dengan beragam kegiatan, seperti Job Fair dan pelatihan untuk peserta.

Banner Iklan Media Jatim

“Hari pertama mahasiswa fokus pada tiga pelatihan berupa kiat sukses wawancara kerja, kiat sukses menjadi ASN dan kiat sukses melamar LPDP. Di area kegiatan, juga terdapat stand perusahaan, mahasiswa dapat langsung tanya jawab dan wawancara kerja di 12 perusahaan yang hadir,” terangnya.

Selanjutnya, lanjut Sigit, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan bahasa Inggris dan kiat sukses ujian Tes Potensi Akademik (TPA).

“Pelatihan ini dilakukan karena banyaknya perusahaan yang mensyaratkan adanya tes TPA dan wawancara dalam bahasa Inggris,” tuturnya.

Baca Juga:  Dispendukcapil Sampang Akui Terbitkan KTP, KK dan Akta Lahir WNA Ilegal Asal Bangladesh Berdasarkan SKP!

Sigit menambahkan, ada 290 pendaftar dalam Pekan Karir 2024 ini, namun yang hadir hanya separuh. “Ke depan, tantangan untuk acara ini adalah meningkatkan antusias peserta kegiatan,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap kegiatan ini benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mahasiswa UTM.

“Karena kegiatan ini memang digelar untuk memudahkan mahasiswa agar lebih siap terjun ke dunia kerja dan dapat memilih karir yang tepat. Semoga tahun depan mahasiswa lebih antusias mengikutinya,” tutupnya.(hel/faj/**)