WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Benturan dengan Pilkada, Rangkaian Harjad Pamekasan ke-494 Ditiadakan

Media Jatim
Harjad
(Dok. Media Jatim) Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Pamekasan R. Moh. Zahri.

Pamekasan, mediajatim.com – Perayaan Hari Jadi (Harjad) Pamekasan ke-494 yang rencananya akan digelar pada Oktober hingga November 2024 ditiadakan.

Pasalnya, dalam rentang waktu tersebut, bertepatan dengan rangkaian momen Pilkada Pamekasan 2024.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan R. Moh. Zahri menjelaskan, ada imbauan dari Polres, perayaan Harjad yang melibatkan banyak massa tidak boleh diadakan.

“Sebenarnya secara tertulis belum sampai ke kami. Namun, sudah ada himbauan dari Polres Pamekasan bahwa sejak September tidak boleh ada kegiatan yang mengundang banyak massa. Karena sudah masuk rangkaian Pilkada,” ungkapnya, Jumat (26/7/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Karena itulah, lanjut Zahri, beberapa kegiatan Harjad seperti Pawai Budaya, Semalam di Madura, atau Pamekasan Night Carnival, kemungkinan besar ditiadakan.

Baca Juga:  Realisasi PAD Dishub Bangkalan Kurang Rp600 Juta

“Kemungkinan yang akan dilaksanakan hanya upacara dan haul, itu pun karena seremonial,” imbuhnya.

Kata Zahri, perayaan Harjad Pamekasan akan kembali digelar dengan meriah tahun depan.

“Insyaallah di tahun depan akan kembali normal lagi, sementara tahun lalu karena defisit anggaran disebabkan banyaknya refocusing,” tuturnya.

Pihaknya berharap, masyarakat Pamekasan memaklumi dengan kondisi ini, karena memang bertepatan dengan Pilkada 2024.

“Pasti banyak masyarakat yang tidak tahu dan bertanya-tanya, semoga warga Pamekasan memaklumi, karena sudah ada himbauan dari Polres untuk saling menjaga kondusivitas,” tutupnya.(fit/faj/**)