Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Disdikbud Pamekasan dan FWP Kolaborasi Gelar Pendidikan Melek Media untuk Kepsek, Hari Ini yang ke-6!

Media Jatim
PMM FWP Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini (tiga kanan) dan Ketua FWP Ongky Arista UA (empat kiri) berfoto bersama jajaran di acara PMM di Korwil Kadur, Rabu (31/7/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan berkolaborasi dengan Forum Wartawan Pamekasan (FWP) untuk menggelar Pendidikan Melek Media (PMM) bagi Kepala SD dan SMP.

Banner Iklan Media Jatim

Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan di Kantor Korwil itu akan digelar sepanjang tahun 2024. Sampai hari ini, Rabu (31/7/2024) PMM ini sudah digelar enam kali.

Dimulai dari Kecamatan Proppo, Kota Pamekasan, Tlanakan, Pademawu, Galis dan hari ini di Kecamatan Kadur.

Ketua Forum Wartawan Pamekasan (FWP) Ongky Arista UA menuturkan bahwa PMM ini merupakan kegiatan kolaboratif.

“PMM pertama kita gelar dulu bersama kepala OPD. Geser bersama PGRI. Dan, sekarang secara khusus dengan para kepala sekolah di masing-masing Korwil secara bergantian. Kita kolaborasi dengan Disdikbud,” ungkap dia, Rabu (31/7/2024).

Baca Juga:  Pemkab Bangkalan Sidak Toilet Senilai Rp180 Juta, Tiga Tahun Tak Berfungsi!

Tema yang dibahas di PMM yakni, “Mitigasi Pers: Lebih Dekat dan Lebih Tahu Profesionalisme Wartawan”. Sedangkan pematerinya adalah pengurus FWP secara bergantian.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

“PMM ini semacam program kerja. Jadi kita punya agenda organisasi agar masyarakat lebih dekat dengan wartawan. Dekat dalam arti tidak ada lagi stereotipe miring dan orang salah paham siapa wartawan dan siapa yang mengaku-ngaku wartawan,” papar mahasiswa Manajemen Pendidikan Pascasarjana IAIN Madura itu.

Baca Juga:  Ini Catatan Harta Kekayaan Kapolres se-Madura Versi KPK

Terpisah, Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini bersyukur atas kolaborasi ini. Dia mengatakan bahwa kegiatan kolaboratif ini untuk menggali pengetahuan tentang pers dan wartawan.

“Karena hari ini eranya media. Kami ingin kenal dan dekat dengan cara belajar dan berkolaborasi. Saya kira siapa pun yang punya jabatan tidak akan lepas dari komunikasi dengan media,” terang Zaini.

Dia berharap PMM bersama FWP mampu membuka wawasan para guru dan kepala sekolah, lebih-lebih bisa semakin dekat dengan wartawan.

“Media penting kita gandeng untuk menjelaskan kepada publik apa yang telah kita lakulan selama ini. Medialah yang punya peran menyampaikan ke publik,” pungkasnya.(fit/ky)