Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Lestarikan Tradisi Leluhur, Pemkab Sumenep Gelar Festival Dara Oddag

Media Jatim
Dara
(Dok. Media Jatim) Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo (topi putih) bersiap melepas merpati pada Festival Dara Oddag di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Minggu (11/8/2024).

Sumenep, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Festival Dara Oddag di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Minggu (11/8/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Dara Oddag merupakan salah satu tradisi yang hampir punah di Sumenep. Dalam tradisi ini, warga biasanya melepas burung Merpati secara bersamaan untuk diterbangkan.

Turut hadir dalam festival ini, Bupati Sumenep, Forkopimda, Camat Dasuk, Kepala Desa Semaan, dan lain-lain.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, Festival Dara Oddag merupakan salah satu upaya Pemkab Sumenep untuk melestarikan tradisi yang sudah lama berjalan di masyarakat.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Sambut Program Swasembada Pangan Menpan

“Ini merupakan bagian usaha Pemkab untuk menjaga dan merawat tradisi leluhur dan satwa yang ada di Sumenep,” ucapnya saat pembukaan festival, Minggu (11/8/2024).

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Orang nomor wahid di lingkungan Pemkab Sumenep itu mengimbau agar masyarakat terus melestarikan tradisi Dara Oddag di daerah masing-masing.

“Agar tradisi yang sudah mengakar ini tidak punah, maka harus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Artinya, jangan berhenti sampai di festival ini saja,” imbuhnya.

Baca Juga:  Harta Wakil DPRD Sampang Fauzan yang Dibui Gegara Pencemaran Nama Baik Nyaris Rp12 Miliar

Politisi PDI Perjuangan itu juga bersyukur festival ini bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM. “Saya melihat banyak pelaku UMKM antusias berjualan. Ini mengindikasikan bahwa festival ini bermanfaat untuk perekonomian masyarakat setempat,” jelasnya.

Fauzi juga mengaku senang, festival ini menjadi media silaturahmi antarmasyarakat dari berbagai daerah.

“Saya senang, masyarakat Sumenep dari berbagai daerah bisa menjalin komunikasi dan bersilaturahmi dalam festival ini,” pungkasnya.(man/faj/**)