Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Terbanyak di Madura, Biaya Pilkada Sumenep 2024 Tembus Rp112 Miliar!

Media Jatim
Pilkada
(Dok. jabarnews.com) Ilustrasi pemilih memasukkan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ke kotak suara.

Sumenep, mediajatim.com — Dana hibah untuk Pilkada Sumenep 2024 tembus Rp112 miliar. Anggaran ini terbanyak di Madura.

Banner Iklan Media Jatim

Data yang dihimpun mediajatim.com, biaya Pilkada di Bangkalan hanya Rp70,5 miliar, kemudian untuk Sampang hanya Rp59,9 miliar dan Pamekasan Rp62 miliar.

Dana Pilkada Sumenep Rp112 miliar ini disalurkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat.

Kepala Bakesbangpol Sumenep Achmad Dzulkarnain mengatakan, dana yang akan digunakan untuk Pilkada 2024 memang cukup besar.

“Dana Pilkada untuk KPU Sumenep sekitar Rp70 miliar. Dan untuk Bawaslu sekitar Rp42 miliar,” ucapnya, Senin (19/8/2024).

Pria yang akrab disapa Izoel itu mengatakan, Pemkab Sumenep memberikan dana hibah atas dasar permintaan dan permohonan dari KPU dan Bawaslu Sumenep.

“KPU dan Bawaslu mengusulkan sebanyak itu kepada kami. Ya, kami berikan dan sudah kami serahkan pada 15 Juli 2024 lalu,” tuturnya.

Kucuran dana sebanyak itu, kata Izoel, tidak harus dihabiskan oleh KPU dan Bawaslu Sumenep. “Kalau ada sisanya harus dikembalikan dan menjadi kas daerah,” jelasnya.

Izoel berharap, KPU dan Bawaslu Sumenep menggunakan dana Pilkada dengan proporsional dan bijak.

Baca Juga:  Panyaluran PKH di Kecamatan Kadur Sesuai Prosedur

“Semoga KPU dan Bawaslu bisa melaksanakan tugasnya sesuai peraturan yang berlaku dengan anggaran APBD yang telah diterima,” pungkasnya.(man/faj)