Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Fasilitasi Petani Pasarkan Produknya, DKPP Sumenep Gelar Bazar Komoditas Lokal

Media Jatim
Petani
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Suasana Bazar Tani DKPP Sumenep di depan Mall UMKM setempat, Senin (2/9/2024)

Sumenep, mediajatim.com — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep menggelar Temu dan Bazar Tani di Museum Kraton Agung setempat, Senin (2/9/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Dalam kegiatan ini, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Sumenep juga mempromosikan produk asli pertanian dari masing-masing kecamatan.

Kepala DKPP Sumenep Chainur Rasyid mengatakan, kegiatan yang bertajuk “Menuju Petani Maju, Mandiri dan Modern” ini digelar untuk menyambut pelaksanaan Hari Tani ke-64 tahun ini.

“Lewat acara ini, kami juga mengapresiasi petani. Karena, petani menjadi sumber ketahanan pangan masyarakat, khususnya di Sumenep,” ucapnya, Senin (2/9/2024).

Kata pria yang akrab disapa Inung itu, petani telah berkontribusi terhadap eksistensi komoditas unggulan pertanian di Sumenep.

Baca Juga:  Masih Tersedia 42.450 Dosis, Pemkab Probolinggo Terus Genjot Vaksinasi PMK

“Di Sumenep, banyak sekali komoditas unggulan yang bisa menarik pangsa pasar. Keberlangsungan komoditas itu tentu tidak luput dari kinerja para petani,” imbuhnya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Bazar Tani ini, lanjut Inung, merupakan sarana yang disediakan DKPP Sumenep untuk BPP agar bisa memasarkan produknya.

“BPP dari masing-masing kecamatan mempromosikan produk unggulan yang bahan pokoknya adalah komoditas dan varietas pertanian lokal,” jelasnya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, petani telah mengukir prestasi dalam menjaga komoditas dan varietas pertanian di Kota Keris ini.

Baca Juga:  Permudah Masyarakat ke Tanah Suci, Pegadaian Syariah Sumenep Gelar Seminar Pembiayaan Haji Plus

“Terima kasih para petani. Berkat kerja keras dan semangat para petani, komoditas dan varietas pertanian di Kota Keris terjaga sampai saat ini,” ucapnya, Senin (2/9/2024).

Orang nomor satu di Sumenep itu berharap, kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap para petani.

“Semoga kegiatan ini dapat memecut semangat dan antusias masyarakat untuk terus bertani dan memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan Sumenep,” pungkasnya.(man/faj/**)