Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Disperindag Pamekasan Belum Rekrut Pemantau Gudang Tembakau, Berdalih Kadis di Luar Kota

Media Jatim
Gudang
(Abdul Kholisin/Media Jatim) Beberapa pekerja salah satu gudang di Pamekasan membongkar bungkus tembakau yang baru masuk, Jumat (6/9/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan belum merekrut pemantau di 40 gudang pembelian tembakau hingga saat ini.

Banner Iklan Media Jatim

Padahal, sejumlah gudang, seperti PT. Bawang Mas, sudah beroperasi secara resmi membeli tembakau sejak 11 Agustus 2024 lalu.

Kabid Pembinaan dan Perlindungan Disperindag Pamekasan Rayhan Akbar menjelaskan, pihaknya belum merekrut pemantau gudang tembakau karena masih menunggu petunjuk Kepala Disperindag Akhmad Basri Yulianto.

“Katanya, minggu-minggu ini, namun belun jelas, sebab Pak Kadis masih dinas di luar kota,” ungkapnya, Jumat (6/9/2024).

Kata Rayhan, jumlah pemantau yang akan direkrut untuk mengawasi 40 gudang tembakau hanya 20 orang. Mereka nanti akan ditugaskan selama satu bulan.

“Kami berencana merekrut 20 pemantau sebab menyesuaikan dengan anggaran, termasuk masa kerjanya hanya satu bulan, bukan sampai habis panen,” ucapnya.

20 pemantau tersebut, lanjut Rayhan, akan diambil dari unsur perwakilan asosiasi tembakau, pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi pemuda dan mahasiswa Pamekasan.

“Setiap satu pemantau akan digaji Rp100 ribu setiap hari, maka perkiraan akan menghabiskan anggara kurang lebih Rp20 juta sebulan,” jelasnya.

Baca Juga:  Mahasiswi FKIP Unira Sukses Raih 2 Medali Perak di Kejuaraan Taekwondo Challenge 2022

Meski belum membentuk pemantau, pihaknya saat ini mengaku terus berupaya memaksimalkan fungsi pengawas dalam memantau gudang tembakau secara bergantian.(rif/faj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *