Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

99 Desa di Kabupaten Sampang Alami Kekeringan, 81 Kering Kritis

Media Jatim
Kekeringan Sampang
(Dok/ Media Jatim) Warga terdampak kekeringan di Desa Banjarbilah, Kecamatan Tambelangan, menerima bantuan air dari Pemerintah Kabupaten Sampang, Rabu (9/9/2024).

Sampang, mediajatim.com — Imbas musim kemarau, 99 Desa di Kabupaten Sampang terdampak bencana kekeringan.

99 desa ini tersebar di 14 kecamatan. Status kekeringan terbagi dalam tiga level. Yakni, kering kritis, langka dan langka terbatas.

Level kritis dialami 12 desa di Kecamatan Sreseh, dua desa di Kecamatan Banyuates, 15 desa di Kecamatan Kedungdung, tujuh desa di Kecamatan Karang Penang, 10 desa di Kecamatan Tambelangan, 9 desa di Kecamatan Sokobanah, enam desa di Kecamatan Pangarengan, 9 desa di Kecamatan Robatal, tujuh desa di Kecamatan Sampang dan empat desa di Kecamatan Torjun.

Sedangkan kekeringan langka melanda tiga desa di Kecamatan Banyuates dan tiga desa di Kecamatan Jrengik. Langka terbatas meliputi satu desa di Kecamatan Camplong, dua desa di Kecamatan Ketapang dan 9 Desa di Kecamatan Omben.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Candra Ramdhani Amin mengatakan bahwa puncak kekeringan dimulai pada pertengahan Agustus.

“Puncak kekeringan terjadi pertengahan bulan Agustus, dan diperkirakan sampai Oktober mendatang,” jelasnya, Rabu (11/9/2024).

Menangani bencana kekeringan tersebut, kata Candra, pemerintah menyalurkan bantuan air bersih ke wilayah terdampak.

Baca Juga:  IKIP Al Aziz Sampang Sukses Gelar Forum Kajian Ilmiah

“Dropping air dilakukan sejak 27 Agustus 2024 sampai Oktober 2024, dan dua minggu lagi akan dilakukan dropping kembali di kawasan yang sama,” pungkasnya.(mj1/ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *