Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Disdikbud Pamekasan Luncurkan Unit Layanan Disabilitas Pertama di Madura

Media Jatim
Peluncuran ULD Pamekasan
(Fitria M/Media Jatim) Pj Bupati Pamekasan Masrukin meluncurkan ULD didampingi Kadisdikbud Mohamad Alwi, Kamis (12/9/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan meluncurkan Unit Layanan Disabilitas (ULD) di Jalan Segara, Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan, Kamis (12/9/2024).

ULD pertama di Madura ini merupakan lembaga khusus yang dibangun Disdikbud Pamekasan untuk mendidik anak penyandang disabilitas.

ULD ini memberikan program sekolah inklusif yang tujuannya agar anak penyandang disabilitas mendapatkan pendidikan yang setara tanpa diskriminasi.

Kadisdikbud Pamekasan Mohamad Alwi mengungkapkan bahwa dinas telah memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar di ULD.

“Pelatihan-pelatihan ini dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan dari tingkat kabupaten hingga ke gugus sekolah. Dari tahun anggaran 2021 hingga 2023,” beber Alwi.

Kemudian, lanjut Alwi, pada 27 Mei 2024, Disdikbud Pamekasan menggelar studi tiru ke ULD Sidoarjo. Guru, kepala sekolah, pengawas dan penilik hadir mengikuti acara tersebut.

“Studi tiru ini kemudian ditindaklanjuti dengan menunjuk dua guru dari Pamekasan untuk magang di ULD Sidoarjo,” imbuh dia.

Magang dan pelatihan di ULD Sidoarjo bertujuan agar para guru mampu memberikan layanan pendidikan yang bermutu di ULD Pamekasan.

“Selain itu juga untuk menumbuhkembangkan pelaksanaan karakter pendidikan yang ramah anak khususnya disabilitas,” tutur Alwi.

Baca Juga:  Rekening Terblokir Usai Dapat Kiriman Rp30 Juta, BNI Pamekasan Minta Nasabah Tutup Mulut Dulu!

Program ini, kata dia, menyasar peserta didik disabilitas mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Sementara pembiayaannya berasal dari anggaran Pemerintah Daerah Pamekasan atau sumber lain yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.(fit/ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *