Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

TPM UNIJA Madura Dampingi dan Hibahkan Alat Pengolah Ikan Bandeng ke Poklahsar Melati di Sumenep

Media Jatim
TPM Unija Madura Sumenep
(Dok. Media Jatim) Ketua TPM UNIJA Madura Ratih Yuniastri (tengah) bersama tim saat melaksanakan pendampingan Poklahsar Melati di Desa Kebundadap Barat, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Kamis (12/9/2024).

Sumenep, mediajatim.com — Tim Pengabdian kepada Masyarakat (TPM) Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Ikan Bandeng Melati di Desa Kebundadap Barat, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Kamis (12/9/2024).

Poklahsar Melati merupakan salah satu kelompok masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi produktif yang berada di daerah pesisir Desa Kebundadap Barat. Kelompok usaha ini berdiri sejak 2021.

Ketua TPM UNIJA Madura Ratih Yuniastri mengatakan bahwa Poklahsar Melati memiliki potensi alam berupa ikan bandeng. Ikan bandeng tersebut diolah menjadi makanan ringan berupa kerupuk.

Karena minimnya jenis olahan ikan pada kelompok ini, akhirnya TPM UNIJA turun bersama anggota. Mereka tertarik untuk mendampingi dan melatih kelompok dalam melakukan inovasi produk olahan ikan bandeng dan penerapan teknologi pengolahannya.

Baca Juga:  Jemaah Umrah Al Imron Pamekasan Gunakan Kereta Cepat Haramain dari Madinah ke Makkah untuk Pertama Kalinya

“Untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, saya bersama tim, Herowati dan Aryo Wibisono melatih mereka dan menghibahkan alat pengolahan serta pengemasan,” ungkap Ratih, Rabu (18/9/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Selain itu, terang Ratih, TPM UNIJA juga membimbing teknik pemasaran secara online untuk mereka.

“Kami berharap kelompok ini bisa meningkatkan kapasitas produksi dan pemasarannya sehingga bisa lebih menjangkau masyarakat luas,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Poklahsar Melati Sri Wahyuni merasa sangat terbantu dengan kehadiran TPM UNIJA dalam mendampingi kelompok usaha yang dipimpinnya.

“Saya sangat berterima kasih kepada TPM UNIJA, sekarang kelompok kami bisa memproduksi olahan ikan bandeng dengan ragam varian,” terangnya.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumenep Minta Proyek Gedung Dewan Dikebut: September 2024 Harus Selesai!

Di samping kapasitas produksi lebih banyak dari sebelumnya, ungkap Yuni, berkat bantuan TPM UNIJA produk olahan yang dikelola kelompoknya mulai banyak diminati konsumen.

“Semoga UNIJA terus berinovasi dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Sumenep,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan pengabdian UNIJA Madura ini terselenggara atas support dana hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek RI 2024.(ly/ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *