Selama Setengah Bulan, Kebakaran Lahan di Pamekasan Terjadi 15 Kali

Media Jatim
Kebakaran
(Dok. Media Jatim) Dua petugas BPBD Pamekasan berupaya memadamkan kebakaran lahan di kecamatan Pamekasan beberapa waktu lalu.

Pamekasan, mediajatim.com — Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan mencatat 15 kebakaran terjadi dari awal Oktober hingga saat ini, Senin (14/10/2024).

Plt Kalaksa BPBD Pamekasan Akhmad Dhofir Rosidi menjelaskan, kebakaran yang terjadi selama Oktober ini lebih tinggi dibandingkan September 2024 lalu.

“Oktober terbilang puncak kemarau, terik matahari cukup panas terutama di daerah kekeringan. Kondisi ini sangat mudah memicu kebakaran,” ungkapnya, Senin (14/10/2024).

Namun, lanjut Dhofir, banyak masyarakat yang meremehkan hal-hal yang sejatinya sering memicu kebakaran.

“Umpamanya membakar sampah di dekat lahan kering. Jika angin cukup kuat, kan terbang ke area sekitarnya, dan tentu menyebabkan kebakaran,” ucapnya.

Selain itu, Dhofir juga mengingatkan masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan sebab juga dapat menimbulkan kebakaran.

“Bayangkan, selama setengah bulan Oktober, namun peristiwa kebakaran lahan sudah 15 kali terjadi. Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat belum sepenuhnya ada,” ucapnya.

Di sisi lain, Dofir masih bersyukur lokasi kejadian kebakaran masih bisa dijangkau oleh petugas sehingga bisa segera dipadamkan.

Baca Juga:  Kiai Faizi Beberkan Alasan Membuat Lagu Ngudi Rahayu: Saya Mencari Titik Temu Pemikiran Para Filsuf!

“Bayangkan jika lahannya tidak bisa dimasuki pemadam, maka pastinya akan menjalar dan menyebar ke area lain, sehingga kebakarannya semakin luas,” pungkasnya.(rif/faj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *