Untuk Atasi Emisi Karbon Dioksida, PLN Tanam 510 Bibit Pohon Trembesi di Jalan Raya Blega-Sampang Madura

Media Jatim
PLN Pamekasan
(Dok. PLN Pamekasan) Aksi penanaman 510 bibit pohon trembesi oleh PLN UP3 Pamekasan, DLH Sampang dan BBPJN Jawa Timur Bali di Jalan Raya Blega-Sampang, Selasa (18/7/2023).

Sampang, mediajatim.com — Perubahan iklim dan kelestarian lingkungan juga menjadi isu yang diatensi khusus oleh PT. PLN (Persero).

Oleh sebab itu, PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pamekasan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang serta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur Bali menanam 510 bibit pohon di sepanjang Jalan Raya Blega-Sampang, tepatnya, di Desa Jungkarang, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Selasa (18/7/2023).

Penanaman bibit pohon ini dihadiri Kepala Bidang Konservasi dan Pertamanan DLH Sampang Irawan, Pejabat Pembuat Komitmen BBPJN Jawa Timur Supriyadi dan Manager PLN UP3 Pamekasan Feri Asmoro Hermanto.

“PLN bekerja sama dengan DLH dan BBPJN menanam bibit pohon jenis trembesi. Pohon ini dapat ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh dan penghijauan, dan selain itu, dengan aksi tanam pohon ini berpotensi menyerap emisi karbon CO2,” terang Manajer PLN UP3 Pamekasan Feri Asmoro, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga:  Protes Kinerja Pemkab Kelola Parkir dan Sampah, PMII Demo Pj Bupati Bangkalan

Penanaman bibit pohon ini dilakukan dengan memperhatikan jarak aman dengan jaringan listrik, sehingga, ketika tumbuh nanti tidak akan menimbulkan potensi bahaya dan gangguan keandalan pasokan listrik.

“Kami senang bisa berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memperbaiki kualitas udara di Desa Jungkarang. Penanaman bibit pohon ini adalah langkah konkret kami untuk mengurangi jejak karbon dan mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga alam sekitar,” sambung Feri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Konservasi dan Pertamanan DLH Sampang Irawan mengapresiasi dan menyambut baik upaya yang dilakukan PLN tersebut.

Baca Juga:  Atensi Kesehatan Bikers, RSUD Sumenep Sediakan 120 Oksigen pada Oxygen Sunmori Fun Bike 2023

“Kerja sama yang baik di bidang lingkungan harus terus dibina antara PLN dengan DLH agar usaha pemerintah dalam melestarikan lingkungan dapat terus ditingkatkan,” tuturnya.

Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan program peduli lingkungan PT. PLN, yang di mana sebelumnya, PLN telah menanam 500 bibit pohon di Sumenep.

PLN berharap kegiatan ini dapat menginspirasi dan meningkatkan sinergi antarpihak di Madura untuk mendorong dan menjaga kelesterian lingkungan ke depan.(*/ky)