Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Diikuti 40 Grup Se-Madura, Festival Musik Tongtong Semarakkan Harjad ke-754 Sumenep

Media Jatim
Festival Musik Tongtong Sumenep
(Dok. Pemkab Sumenep) Festival Musik Tongtong 14 Oktober 2023 Kabupaten Sumenep.

Sumenep, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Festival Musik Tongtong se-Madura dalam rangka Hari Jadi (Harjad) ke-754 Sumenep, Sabtu (14/10/2023).

Festival yang diikuti 40 grup tongtong se-Madura digelar Pemkab bersama Keluarga Besar Forum Komunikasi Putera-Puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI-Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menjelaskan bahwa musik tongtong merupakan tradisi klasik yang diwariskan secara turun-temurun, sehingga, seluruh elemen melestarikan kebudayaan itu dengan baik hingga hari ini.

“Musik tradisional sangat digemari oleh masyarakat luas, dan banyak menyedot antusiasme mereka, tidak hanya di Sumenep namun di kabupaten lainnya, hingga dari luar daerah,” ungkapnya saat melepas peserta di areal utara Taman Potre Koneng (Taman Bunga), Sabtu (14/10/2023) malam.

Banner Iklan Media Jatim

Alumnus Universitas Narotama Surabaya itu juga menyebut bahwa seluruh elemen wajib menjaga warisan leluhur ini agar semua bentuk kesenian, tradisi dan budaya Sumenep tetap lestari sepanjang masa.

Baca Juga:  Jangan Sampai Ada Duafa Menangis di Hari Kemenangan

“Banggalah memiliki budaya Madura sekaligus bangga menjadi orang Madura, termasuk festival ini masuk dalam dalam kalender event setiap tahun, ini sebagai langkah pelestarian Pemda,” ucapnya.

Dia berharap penyelenggaraan festival musik tongtong harus lebih baik dari tahun ke tahun agar masyarakat bisa menyaksikan dan menikmati musik tongtong yang penuh keindahan dan keceriaan.

“Kami berharap event tahunan ini terus dilaksanakan sehingga juga punya dampak domino positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumenep,” pungkasnya.(rif/ky)