Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Pamekasan Jadi Kabupaten Kedua yang Punya Anjungan Dukcapil Mandiri di Jawa Timur

Media Jatim
ADM Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Pj Bupati Pamekasan Masrukin (kiri) didampingi Pj Sekda Achmad Faisol pada peluncuran ADM di Jalan Kabupaten, Kamis (23/11/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Jalan Kabupaten, Kamis (23/11/2023).

Peluncuran ini memposisikan Pamekasan memiliki catatan baik, yakni, menjadi kabupaten kedua di Jawa Timur yang memiliki mesin ADM.

Sebagaimana diketahui, ADM serupa automatic teller machine (ATM). Di mana fungsinya, mesin ADM ini bisa mencetak dokumen kependudukan masyarakat.

ADM yang berada di bawah kewenangan Dispendukcapil tersebut difasilitasi oleh Bank Jatim Pamekasan.

Banner Iklan Media Jatim

“Terima kasih atas support dan dukungan Bank Jatim Pamekasan untuk Pemkab,” kata Pj Bupati Pamekasan Masrukin saat peluncuran ADM.

Baca Juga:  Sukses Kembangkan Peran Koperasi, Bupati Sumenep Sabet Dua Penghargaan dari Dekopin

Masrukin menerangkan, ADM ini merupakan wujud dari transformasi digital dalam bidang pelayanan dokumen kependudukan.

Dengan adanya ADM, warga bisa membuat dokumen kependudukan seperti e-KTP dan KK tanpa perlu ke kantor Dispendukcapil Pamekasan dan langsung ke mesin ADM.

Namun, syaratnya, warga harus mengaktifkan terlebih dahulu aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Jadi, ini ikhtiar pemerintah untuk menyesuaikan pelayanan dengan perkembangan zaman, dan kita berharap ini semakin memudahkan, tidak menyulitkan,” pungkasnya.(*/ky)