Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Soroti Perubahan Iklim di Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, DLH Pamekasan Ajak Warga Selamatkan Bumi

Media Jatim
DLH
(Dok. tribunmadura.com) Kepala DLH Pamekasan Supriyanto.

Pamekasan, mediajatim.com — Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia jatuh pada Rabu (5/6/2024) kemarin.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia kali ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

Tema yang diangkat oleh KLHK RI ini merupakan gambaran bagaimana proyek pemerintah ke depan di bidang lingkungan. Karena itulah, tema yang diusung KLHK tersebut menjadi perhatian pemerintah-pemerintah di daerah, tidak terkecualikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan.

Kepala DLH Pamekasan Supriyanto menerangkan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup itu bukan hanya seremonial belaka. Ada makna mendalam dalam momen tersebut.

Baca Juga:  Wabup Pamekasan Singgung Said Abdullah yang Salah Sebut Urutan Zakat di WAG

“Dari tema yang diusung oleh KLHK, perubahan iklim hingga hilangnya keanekaragaman hayati menjadi fokus kita bersama,” ungkapnya, Kamis (6/6/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Supriyanto juga meminta kepada masyarakat untuk juga bersama-sama berkomitmen melindungi bumi yang kini tengah mengalami banyak masalah.

Aksi-aksi penyelematan bumi yang hari ini perlu dilakukan, lanjut Supriyanto, bisa dengan hal-hal yang seolah-olah kecil.

“Misalkan penanaman pohon, kampanye pembersihan sampah plastik, gaya hidup ramah lingkungan atau mendesak pemerintah dan perusahaan untuk bertindak. Setiap tindakan kecil memiliki dampak yang signifikan,” tuturnya.

Jadi, ujar Supriyanto, makna sejati dari Hari Lingkungan Hidup yang setiap tahun diperingati pada 5 Juni itu terletak pada bagaimana masyarakat terinspirasi untuk bertindak.

Baca Juga:  Pemkab Bakal Aktifkan Kembali Bus Trans Bangkalan, Cek Jadwal dan Rutenya!

“Dengan mengambil langkah-langkah kecil dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjadi bagian dari solusi untuk menjaga bumi ini menjadi tempat yang indah untuk generasi yang akan datang,” tutupnya.(fit/faj/**)