Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Cerita Warga Sumenep Sulap Barang Bekas Jadi Cuan, 1 Produk Bisa Terjual Rp200 Ribu! 

Media Jatim
Barang
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Mat Izam (mengikat lemari es bekas) dan dua temannya menurunkan barang bekasnya dari truk di tokonya, Jalan Sumenep-Pamekasan, Desa Saronggi, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Selasa (10/9/2024).

Sumenep, mediajatim.com — Desember 2023 menjadi bulan yang tidak akan terlupakan bagi Mat Izam (39). Pasalnya, di perputaran kalender itu, ia memulai merintis usahanya. Sebuah usaha yang kelak menjadi tempat ia dan istrinya mengais rezeki.

Usaha yang dibangun Izam ini memang tidak besar, tetapi berhasil menjadi mesin ekonomi untuk menghidupi keluarganya hingga saat ini.

Pekerjaan yang ditekuni Izam cukup unik. Warga Desa Kebundadap Timur, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep itu mendaur ulang barang bekas, seperti kipas angin, drum air, tempat sampah ban, botol bensin, jeriken, LPG, keranjang dan tandon air.

Baca Juga:  Direktur Jawara: Pengusaha Jangan Buat Video Petani Petik Tembakau Muda, H. Her: Agar Tidak Dicari-cari Kesalahannya!

Semua barang bekas tersebut disulap oleh Izam menjadi seperti baru lagi, bahkan lebih bagus, sehingga bernilai ekonomis tinggi saat dijual kembali.

“Saya membuka usaha ini dengan modal utama hobi dan cinta barang bekas,” ujar Izam kepada mediajatim.com, Selasa (10/9/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Kata Izam, barang bekas yang biasa didaur ulang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Surabaya, Bali hingga Mojokerto.

“Barang bekas itu saya daur ulang, perbaiki dan dipercantik agar menarik perhatian banyak orang,” jelasnya.

Dari kreativitasnya tersebut, Izam bisa menjual kembali barang bekasnya itu di harga Rp2 ribu hingga Rp200 ribu.

Baca Juga:  Usai Didemo Masyarakat, Status RSIA Puri Bunda Pamekasan Berubah dari Umum ke Khusus

Meski penghasilannya kadang naik turun, bagi Izam, itu hal yang biasa. “Namanya juga usaha, kadang naik, kadang turun. Bagi saya ini bukan sekadar usaha, tapi hobi dan saya nyaman dengan pekerjaan ini,” terangnya.

Berkat media sosial, terang Izam, barang yang ia daur ulang itu berhasil dipasarkan hingga ke DKI Jakarta.

“Para pemilik toko kelontong di Jakarta membawa botol bensin dari toko saya ini,” pungkasnya.(man/faj) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *