News  

KKN UIM Kaduara Barat Gagas Praktek Pembuatan Kue Nugget

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Bidang Ekonomi dan Produksi, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 14, Universitas Islam Madura (UIM), bersama masyarakat Desa Kaduara Barat, Kecamatan Larangan, mempraktekkan cara membuat Kue Nugget dengan mudah dan praktis, Kamis (10/08).

Kue yang hampir hanya terlihat di restoran-restoran berbintang, sekarang sudah bisa ditemui di daerah Kaduara Barat yang mayoritas penduduknya petani. Dan dalam praktek itu, buah pisang dipilih sebagai bahan utama.

Menurut penyampaian Musdalifah salah satu peserta KKN yang berasal dari Waru Pamekasan, bahan dasar yang digunakan sengaja mengambil hasil bumi yang banyak terdapat di daerah tersebut, utamanya pisang, biar masyarakat tidak kesulitan untuk mempraktekkan kembali di rumah masing-masing.

Baca Juga:  KKN UIM Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Alami

“Sengaja kami memakai bahan dasar pisang, biar masyarakat tidak kesulitan untuk membuatnya kembali dirumah, karena saya lihat disini banyak yang bertani pisang,” Ujar Musdalifah.

Selain untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada masyarakat. Kegiatan itu juga untuk mengangkat nilai tambah dari buah pisang. Selama ini masyarakat hanya menjual langsung buah pisang tanpa mengolahnya kembali untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak.

“Paling tidak dengan kegiatan pembuatan kue nugget ini, bisa mengangkat nilai tambah dari buah pisang, sehingga bisa menambah penghasilan masyarakat,” jelas Nawaidul Anam, selaku koordinator Desa KKN Posko 14 UIM.

Baca Juga:  Prodi Agribisnis Universitas Islam Madura Kembali Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT

Mega, pemilik tempat pelaksanaan pembuatan kue itu  mengakui senang sudah diajari cara membuat kue nugget.

“Saya dan ibu-ibu yang lain senang adik-adik KKN berkenan mengajari membuat kue,” tuturnya.

Sekitar ada 20 orang yang berpartisipasi, terdiri dari ibu-ibu perangkat desa dan masyarakat sekitar.

 

Reporter: Sule Sulaiman

Redaktur: Nur Aini