Pemkab Bangkalan Bakal Gelar Porkab, Pj Bupati Minta Venue Renang Diperhatikan

Media Jatim
Porkab
(Dok. Media Jatim) Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie saat memimpin rapat di Aula Diponegoro Pemkab setempat pada 16 April 2024.

Bangkalan, mediajatim.com — Pemkab Bangkalan bakal menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) pada pekan depan selama tiga hari sejak 6 hingga 8 Mei 2024.

Pj Bupati Bangkalan Arief M. Edie meminta agar Porkab menjadi modal persiapan Bangkalan untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2024.

Karena itulah, ujar Arief, selain atlet, venue Porkab juga harus diperhatikan, utamanya kolam renang. “Jika ingin jadi tuan rumah Popda, venue pertandingan harus sesuai spesifikasi. Salah satu yang masih harus dibenahi di Bangkalan adalah venue renang,” terangnya, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga:  Pengunjung Museum Mandhilaras 2023 Tembus 9.364 Orang, Disdikbud Pamekasan Keluhkan Gedung Kurang Memadai

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Ahmad Ahadiyan Hamid memaparkan bahwa Porkab ini memang bagian persiapan Bangkalan pada ajang Popda 2024.

“Porkab ini akan menjadi seleksi atlet di tingkat kecamatan, untuk kemudian dipersiapkan menuju Popda yang akan datang,” katanya, Selasa (30/4/2024).

Pada Porkab nanti, kata Ahadiyan, ada tujuh Cabang Olahraga (Cabor) yang akan diperlombakan, yakni silat, renang, atletik, bola voli, futsal, bulu tangkis dan catur.

“Atletnya harus dari kecamatan yang sama, kecuali jika tidak ada, boleh dari kecamatan lain,” ulasnya.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Sampang Pastikan Tak Mengganti Pj Kades Mana pun

Adapun mekanisme penghitungan skor, terang Ahadiyan, berdasarkan kemenangan masing-masing Cabor. Skor ini nanti akan menentukan jenis mendali apa yang akan didapat.

“Kalau skornya empat mendapatkan mendali emas, skor dua mendapat perak, lalu skor satu mendapat perunggu,” terangnya.

Bagi Cabor yang mendapatkan skor terbanyak, lanjut Ahadiyan, akan menjadi pemenang dalam ajang olahraga yang digelar Pemkab Bangkalan ini.(hel/faj)