PERIODE II

Dana Hibah Pilkada Pamekasan 2024 Masih Turun 40 Persen, KPU Ajukan Pencairan Sisa Anggaran

Media Jatim
Pilkada
(M. Arif/Media Jatim) Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pamekasan Ibnun Hasan Mahfud saat diwawancarai di Hotel Azana, Kamis (16/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Pencairan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan 2024 masih 40 persen alias Rp20 miliar pada Desember 2023 lalu.

Karena itulah, menjelang pelaksanaan Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan mengajukan pencairan sisa dana Pilkada sebesar Rp30 miliar pada awal Mei 2024 lalu.

Diketahui, Pemkab dan KPU Pamekasan menyepakati bahwa hibah dana Pilkada 2024 sebesar Rp50 miliar.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pamekasan Ibnun Hasan Mahfud menjelaskan, pengajuan sisa dana hibah ini akan digunakan untuk persiapan tahapan-tahapan Pilkada 2024 selanjutnya.

Baca Juga:  Rudy Susanto Bulat Maju Pilbup Pamekasan 2024, Sebut Bacawabupnya Representasi Warga Pantura

“Berdasarkan informasi, dana hibah Pilkada Rp30 miliar itu akan dicairkan pada Juni 2024 mendatang,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Kamis (16/5/2024).

Beberapa kegiatan dalam Pilkada yang memakan anggaran cukup besar, lanjut Ibnun, yakni pra-pelaksanaan, pelaksanan, evaluasi dan honor PPS. Sementara untuk honor PPK ditanggung provinsi.

“Honor PPS sama dengan Pemilu sebelumnya. Namun untuk KPPS ada penurunan berdasarkan SK Kemenkeu,” jelasnya.

Mengenai honor PPS dan KPPS, pihaknya menganggarkan kurang lebih Rp4 miliar, sebab durasi kerjanya lebih sedikit dari Pemilu sebelumnya.

Ibnun menambahkan, dana Pilkada Pamekasan yang cair pada 2023 lalu sudah digunakan untuk pelaksanaan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Baca Juga:  Tekan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Kowel, Pemkab Pamekasan Salurkan Beras Murah

“Sebagian juga dibuat untuk sayembara pembuatan maskot dan jingle, yang hadiahnya puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Pihaknya berharap, ke depan, tahapan-tahapan Pilkada Pamekasan 2024 dapat berlangsung sebagaimana diharapkan. “Semoga Pilkada 2024 lancar hingga selesai,” harapnya.

Sementara itu, mediajatim.com juga sudah berupaya menghubungi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pamekasan Sahrul Munir melalui pesan dan telepon WhatsApp. Namun hingga berita diterbitkan, yang bersangkutan tidak merespon.(rif/faj)