ISEI: Pengembangan Wisata Sumenep Jangan Jalan di Tempat

MediaJatim.com, Sumenep – Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Kabupaten Sumenep. Hal ini mendapat perhatian dari Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Pusat, Prof. Muliaman D Hadad, saat melantik pengurus ISEI cabang Madura, di salah satu Kampus di Kabupaten Sumenep, Sabtu (29/01) kemarin.

Menurut Muliaman, banyaknya wisata yang bisa dikembangkan seperti wisata alam, budaya dan kuliner di Kabupaten paling timur pulau Madura ini, semestinya harus lebih dimaksimalkan.

“Banyaknya potensi wisata ini, tinggal kita optimalkan,” ujar Mulawarman.

Lebih lanjut Muliaman menambahkan, semestinya wisata di Kabupaten Sumenep bisa tumbuh lebih maksimal. Sebab dia menilai, saat ini sudah banyak fasilitas infrastruktur yang mendukung pengembangan wisata di Kabupaten Sumenep. Mulai dari jembatan Suramadu yang sudah rampung sejak beberapa tahun lalu, bahkan penerbangan yang kini sudah beroperasi di Sumenep.

“Dibandingkan daerah lain dengan infrastruktur yang terbatas saja bisa tumbuh (wisatanya), krnapa kita tidak optimalkan infrastruktur yang memadai ini.”

Baca Juga:  Harapan PKL Pamekasan Untuk Calon Pemimpin Baru

Dari kacamata ISEI, pengembangan Wisata bisa menjadi lokomotif untuk mengembangkan sektor ekonomi di Kabupaten Sumenep. Lebih dari itu Muliaman juga yakin, jika pengembangan wisata dikerjakan secara maksimal, bisnis lain sebagai penunjang juga akan ikut serta menggeliat.

Ke depan, investasi di sektor wisata semestinya lebih dipermudah. Selain itu, perlu juga memobilisasi komitmen semua pihak agar tercipta lingkungan sadar wisata dengan arah yang jelas dan terencana.

“Perlu kerjasama semua elemen. Semua pihak. Misalnya, Pemerintah dan ISEI, sebagai organisasi profesi di bidang ekonomi. Dan pihak lain,” tutup Muliaman.

Baca Juga:  Penggemar Cincin Batu Akik di Situbondo Semakin Marak

Reporter: Nur Khalis

Redaktur: Sule Sulaiman

WhatsApp chat