Bersama Aparat dan Panwas, Tim Berbaur Turunkan Baliho

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Pamekasan, Bersama Ra Baddrut-Raja’e (Berbaur), tampak betul-betul berkomitmen menciptakan pemilihan kepala daerah (pilkada) damai dan sejuk.

Buktinya, tim Berbaur secara jantan menurunkan baliho-baliho yang melabrak peraturan, Sabtu (24/2) malam. Mereka melakukan itu tidak sendirian, tapi bersama Panitia Pengawas (Panwas) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Ini bagian dari usaha Berbaur taat aturan dan merupakan komitmen menjadikan pilkada damai sejuk nan damai. Di samping itu, menjadi pendidikan politik bagi semua, terutama menjadikan Pamekasan lebih kondusif,” ungkap Faisal Hadi dari tim Berbaur.

Baliho Paslon Kholifah Labrak Peraturan

Sementara itu, baliho paslon KH Kholilurrahman-Fathorrahman (Kholifah) terindikasi melabrak Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Baliho-baliho dengan nomor urut tersebut tersebar di beberapa titik di kota Pamekasan.

Baca Juga:  Inilah Jumlah DCS Anggota DPRD Hasil Rekapitulasi KPU Kabupaten Sumenep untuk Pemilu 2024

Berdasarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye disebutkan, pengadaan jumlah alat peraga dilakukan KPU. Jika diperlukan, paslon dan atau tim sukses boleh menambah dengan ketentuan sebanyak 150% dari ketentuan.

Sedangkan untuk tambahan dimaksud, berdasarkan PKPU, harus mengajukan permohonan penambahan kepada KPU guna kemudian ditetapkan.

Tetapi sampai hari ini, kedua tim paslon belum menandatangani penetapan tambahan alat peraga dimaksud. Sehingga, pemasangan baliho Kholifah dilakukan ilegal karena tanpa surat penetapan KPU.

“Kiranya KPU dan Panwas bertindak! Bahwa karena Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kampanye dalam Pilkada Pamekasan belum diatur. Yang diatur hanya untuk pemilu, sehingga KPU dan Polres serta Pemkab telah membuat kesepakatan bersama (SOP) untuk menentukan titik/lokasi pemasangan alat peraga kampanye dan memutuskan penentuan titik dimaksud adalah berdasar penetapan KPU setelah bersepakat dengan kedua tim paslon, untuk kemudian ditembuskan kepada panwas dan pihak terkait,” ungkap LO Berbaur, Khairul Umam.

Baca Juga:  Dua Sifat Terasah di Bulan Puasa

“Tetapi juga sampai detik ini belum ada penetapan dimaksud. Untuk hal ini kami telah memastikan kepada KPU bahwa memang belum ada penetapan-penetapan dimaksud. Karena baru desain alat peraga yang telah disepakati,” tukas Khairul Umam.

Reporter: Agus Supriyadi

Redaktur: Sule Sulaiman