PERIODE II

Unik, Di Banyuwangi Kostum Model Berbahan Bambu

Media Jatim

MediaJatim.com, Banyuwangi – Mengangkat potensi desa, Pemerintah Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari kembali menghelat peragaan busana. 54 peraga memamerkan kostum yang dikenakannya, berjalan layaknya seorang model busana di atas catwalk. Uniknya, seluruh kostum yang dikenakan para peserta ini berbahan dari bambu, Minggu (6/5).

Sebelum para peraga beraksi, kegiatan Gintangan Bambu Festival (GBF) 2018 bertemakan ‘Pring Sebyarong’ di isi kegiatan seremonial. Sambutan dari para pejabat desa maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi mewarnai kegiatan tahunan tersebut.

“Kita angkat potensi ini karena masyarakat Desa Gintangan hampir keseluruhan berprofesi sebagai perajin bambu,” terang Kepala Desa Gintangan, Rusdiyana.

Baca Juga:  Di Hadapan Fatayat dan Muslimat, Khofifah Ceritakan Asal Mula Perayaan Maulid Nabi

Menurutnya, GBF mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi. Karena selain dapat menyedot wisatawan, kegiatan yang sudah digelar 2 kali ini juga mampu menghidupkan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) warga setempat. Dari suskesnya kegiatan tersebut, GBF mampu masuk dalam daftar Banyuwangi Festival.

“Alhamdulillah kegiatan tahun ini juga berjalan sukses,” tutup Rusdiyana.

Dari keunikannya, setiap dihelat GBF ramai dikunjungi warga lokal maupun manca negara.

Reporter: Yudi Irawan

Redaktur: Sulaiman