Warga Karang Anyar Antusias Ikuti Pelatihan Pemasaran Online

  • Bagikan

MediaJatim.com, Bangkalan – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan omzet penjualan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran, seperti yang baru dilakukan warga Desa Karang Anyar Bangkalan.

Proses jual beli mulai dari memilih barang, tawar menawar hingga pembayaran bisa dilakukan melalui smartphone (ponsel pintar). Penggunaan media sosial saat ini sangat diperlukan. Beberapa situs media sosial yang sangat populer di Indonesia di antaranya adalah Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, Line dan sebagainya. Media-media tersebut adalah media yang dapat dikatakan lebih populer dari media sosial yang lain.

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura (UTM) 2018/2019, kelompok 02 Desa Karang Anyar, Modung, Bangkalan yang terdiri dari 15 anggota mengadakan pelatihan pemasaran online, di balai desa setempat, Sabtu (05/01). Hal ini masih ada kaitannya dengan program kerja sebelumnya, yaitu pembuatan produk unggulan stik Jinang (Biji Nangka) dan Sengkah (Selai Nangka).

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UTM Sulap Bambu Jadi Miniatur Seharga Jutaan Rupiah

Menurut Abdurrahim, salah satu perangkat  di Desa Karang Anyar acara tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di desanya. Mengingat mayoritas warga di desa tersebut selama ini masih mengandalkan jual beli tradisional.

“Ini adalah pengalaman baru bagi masyarakat Karang Anyar dan bisa mempermudah masyarakat melakukan transaksi jual beli ke depannya. Dan alhamdulillah warga antusias mengikuti pelatihan ini,” ujar Abdurrahim.

Pria yang berdomisili di dusun Lonnangka mengharapkan dengan adanya acara tersebut masyarakat mampu mempraktikkan ilmu yang sudah didapat dari pelatihan tersebut.

“Saya pribadi mengharapkan dengan mendapatkan pengalaman baru ini, masyarakat paham dan bisa mempraktikkannya pasca pelatihan,” tambahnya.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UTM Ciptakan Energi Listrik Alternatif dari Limbah Tahu

Senada dengan Abdurrahim, Maimunah selaku ketua PKK yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warga atau anggota PKK yang dipimpinnya.

“Bagus, nanti bisa dipraktikkan oleh ibu-ibu PKK dengan teman-teman. Terima kasih, ini sangat bermanfaat bagi kami,” tukas perempuan yang juga istri kepala desa Karang Anyar tersebut.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat