SJIE Suguhkan Peningkatan Literasi Keuangan Syariah ke Ratusan Santri

Media Jatim

MediaJatim.com, Jombang – Srikandi Jurusan Ilmu Ekomoni (SJIE) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menghelat pelatihan guna menanamkan Literasi Keuangan Syariah di Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, Selasa (10/9/2019).

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Pelatihan tersebut berlangsung meriah. Ditambah lagi, 320 Santriwati aktif di forum yang dibungkus dengan kegiatan kemitraan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)-Kemitraan Ponpes.

Ketua SJIE Unesa di PKM Ponpes Mambaul Maarof itu Sri Abidah membedah sistem ekonomi Islam, prinsip dasar ekonomi Islam yang berdasar tauhid dan keseimbagan kepemilikan harta yang tidak boleh hanya dikuasai orang tertentu saja.

Baca Juga:  Tagih Janji Penutupan Galian C Ilegal

Penyampaian materi Abidah sangat seru sekali. Saya tadi bicara seputar ekonomi Islam, pesertanya juga aktif-aktif saat bertanya dan begitu juga dengan Abidah yang antusias untuk menjawabnya.

Ratusan santriwati tersebut tidak sebatas menerima materi itu. Namun, alumnus Universitas Airlangga Surabaya Rachma Indrar memberikan pemahaman soal enam langkah perencanaan keuangan syariah.

“Materinya itu seputar, tujuan yang akan dicapai, memeriksa kondisi keuangan saat ini, mengumpulkan data yang relevan terkait tujuan keuangan yang akan dicapai, membuat rancangan keuangan, melaksanakan rencana keuangan, mereview rencana keuangan, melaksanakan apa yang telah direncanakan,” sebutnya.

Baca Juga:  Pandemi Corona, Fakultas Vokasi UNAIR Berikan Pelatihan untuk UMKM Genteng Kreatif Surabaya

Selain itu, pemateri terakhir Khusnul Fikriyah memicu para santriwati untuk berinvestasi. Menurutnya, sarana investasi syariah yang sudah banyak tersedia dan semakin mudah dijangkau.

“Tampaknya, mereka sangat antusias untuk mulai belajar berinvestasi setelah saya sampaikan materi dan sedikit memberikan stimulus,” pungkasnya.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: Zul