Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Gelar Rakor Tim PID

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meggelar rapat koordinasi tim inovasi program inovasi desa (PID) Kabupaten Sidoarjo 2019 di Fave Hotel, Rabu (18/9/2019).

Kepala Dinas Pemerintahan Desa Drs. Ec. M. Ali Imron, MM dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini merupakan pengarustamaan kegiatan-kegiatan inovasi.

Dimana nantinya dapat mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana di desa.

“Juga bisa menjadi proses petukaran pengetahuan dan inovasi dari masing-masing desa,” katanya.

Melaui proses ini, kata Imron diharapkan dapat memuncukan bursa pengetahuan dan inovasi desa pembangunan perdesaan. Bahka juga dapat melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan pengelolaan program.

Baca Juga:  Cakra Nusantara: Mayoritas Masyarakat Pacitan Butuh Bantuan Modal Usaha

“Sasarannya seluruh desa yang ada di Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan inovasi di bidang sumber daya manusia kewirausahaan, ekonomi dan infrastruktur” terangnya.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 300 orang. Mereka terdiri dari unsur Kepala Badan, Dinas, Kantor, Bagian, Para Camat, Kepala Desa dan Tenaga Ahli Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa atau P3MD Kab Sidoarjo.

Selain itu ada pula pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa, Teknik Infrastruktur se Kabupaten Sidoarjo, tim Pelaksanan Inovasi Desa Tingkat Kecamatan beserta anggota serta Wakil Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menyapaikan harapan besarnya agar pemerintah pusat dan daerah dapat bersinergi dan berkolaborasi.

Baca Juga:  UNIBA Madura Dampingi BUMDes Bunder Kembangkan Eduwisata Garam

“Apa yang sudah diingikan oleh pemerintah pusat harus diterima dan dilaksanakan sesuai dengan juknis dan kewajiban kita adalah untuk menyempunakan,” paparnya.

Dalam program inovasi desa ini pemerintah mendapatkan anggaran pada tahun 2018 sebesar Rp. 1.523.537.010. Anggara itu untuk membiayai PID di Kabupaten Sidoarjo dan 18 Kecamatan di 322 Desa.

“Pada tahun 2019 sebesar 1.214.122.00, untuk membiayai PID di Kabupaten Sidoarjo dan 17 kecamatan di 302 Desa,” paparnya.

Reporter: Alfa

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat