oleh

Illegal Logging Berhasil Diungkap, Penangkapan Beruntun Terjadi

MediaJatim.com, Situbondo – Berkat operasi gabungan Perum Perhutani KPH Bondowoso dalam rangka menekan terjadinya Illegal Logging di wilayah KPH Bondowoso yang meliputi  dua kabupaten yaitu Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.

Upaya ini dilakukan melihat maraknya pencurian kayu sonokelling di wilayah Perhutani KPH Bondowoso, sehingga Perhutani KPH Bondowoso terus meningkatkan kewaspadaan dengan menggunakan metode sunyi senyap sejak
Selasa lalu (14/4/2020).

Tim Gabungan Polhutmob KPH Bondowoso berhasil mengamankan pelaku tindak pidana illegal logging sonokelling di wilayah RPH Tanah Wulan BKPH Bondowoso KPH Bondowoso secara beruntun. Pertama pada Selasa lalu (14/4/2020), dan tersangka saat ini telah diamankan di Polsek Maesan.

Waka ADM Polhutmob Bondowoso Billy Mahardika menjelaskan, Polhutmob dan anggotanya kembali berhasil mengamankan kembali pelaku kayu sonokeling di Desa Banyuwulu, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Raih Penghargaan Bergengsi 'The Best on Communication'

“Kayu diangkut menggunakan kendaran truk dengan sopir bernama Asdin  yang bersangkutan beserta barang bukti sonokelling sebanyak 27 batang dan kendaraannya diamankan di Polres Bondowoso untuk proses lebih lanjut,” kata Billy Mahardika selaku Waka ADM Bondowoso, Rabu malam (15/4/2020).

Para pelaku pengrusakan hutan di wilayah Kabupaten Situbondo dan Bondowoso ini memang makin hari makin mengkhawatirkan. Padahal ancamannya sudah sangat jelas, pelaku diancam dengan Pasal 12 huruf (C) jo Pasal 82 Ayat 1 huruf (C) UU RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan jo 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

“Tindakan ilegal ini terjadi karena kebanyakan melibatkan orang dalam. Memang sudah saatnya Perhutani dan APH lokal berbenah agar tidak masyarakat luas lagi yang menjadi korban karena rusaknya paru paru bumi kita ini,” tegas Ketua Umum LSM Siti Jenar Febrianto, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga:  KH Hamid Dukung Djoko Karena Serius Kuatkan Aswaja

Ia meminta pimpinan dan para pembuat kebijakan terkait harus lebih inten lagi mengawasi para mafia yang terlibat kasus penanganan illegal logging atau pembalakan liar yang terjadi di beberapa tempat di wilayah Jawa Timur khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo dan Bondowoso.

“Pemberantasan mafia kasus illegal logging sangat penting, selain untuk penegakan hukum juga untuk melestarikan hutan dan lingkungan hidup di seluruh wilayah hutan KPH Bondowoso ini,” pungkasnya.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul