Jamaah Pengajian Demokrasi Harus Utamakan Solidaritas

Mediajatim.com, Situbondo – Pemangku Jamaah Pengajian Demokrasi Amirul Mustafa menyebutkan dalam kebersaman ini harus mengutamakan solidaritas. Demikian itu disampaikan saat melakukan pertemuan bersama para Jamaah Pengajian Demokrasi, Kamis (11/6/2020).

Pertemuan itu tersebut oleh Direktur PT. Media Ringgit Sejahtera Frengky Hendra Istiawan, Direktur Marlena Law Office & Partner, dan beberapa jurnalis dan aktivis yang masuk dalam Komunitas Jamaah Pengajian Demokrasi.

Amirul Mustafa mengatakan, perkumpulan ini bertujuan memupuk rasa solidaritas antar lembaga-lembaga serta beberapa media yang masuk dalam Komunitas Jamaah Pengajian Demokrasi.

Baca Juga:  Kasus Penyerobotan Tanah, Waka ADM Perhutani Situbondo Diduga 'Masuk Angin'

“Ini bertujuan untuk lebih mempererat tali persatuan dan kesatuan antar komunitas dan lembaga khususnya para awak media,” kata Aktivis Senior di Situbondo tersebut.

Ia juga menjelaskan, solidaritas menjadi yang utama, karena rasa solidaritas itu yang utama dalam segala bentuk perkumpulan.

“Iya namanya perkumpulan, entah itu komunitas maupun kelembagaan yang utama itu adalah solidaritas, karena jika kita tidak solid maka pondasi akan rapuh,” paparnya.

Di tempat yang sama, Direktur Marlena Law Office & Partner Hendriyansyah menuturkan, rasa solidaritas itu memang sangat dibutuhkan dalam adanya kelompok yang berbentuk perkumpulan-perkumpulan seperti komunitas dan kelembagaan.

Baca Juga:  Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Terkait TKD Mencuat, Siti Jenar Temui Kades Kalimas

“Solidaritas itu sangat penting , jika tidak ada rasa solidaritas maka tidak akan bertahan lama dengan adanya kelompok-kelompok yang berbentuk komunitas dan kelembagaan,” tukasnya.

Hal tersebut, juga disepakati oleh Pimpinan Redaksi Media Online Lensa Nusantara Adit M Mansyur. “Saya sangat sepakat, solidaritas dalam berkelompok memang diwajibkan karena lebih memperkokoh rasa tali persatuan dan kesatuan serta mempererat tali persaudaraan dab besarnya kelembagaan ditentukan dari rasa solidaritas bersama,” pungkasnya.

Reporter: Ibreh Baim

Redaktur: Zul

WhatsApp chat