oleh

Gugus Tugas Covid-19 Pacitan Turun Jalan, Bagi Masker dan Sosialisasikan Protokol Kesehatan

MediaJatim.com, Pacitan – Sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi Corona, Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pacitan, Jawa Timur turun ke jalan, untuk membagikan masker dan mensosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat pengguna jalan.

Tepat pukul 08.00 WIB, Tim Gugus Tugas yang dipimpin oleh Bupati Pacitan Indartarto, tiba di Traffic Light perempatan Penceng atau Jalan A Yani Pacitan, yang dilanjutkan dengan pembagian masker dan memberikan imbauan kepada para pengguna jalan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Dari Tim Gugus Tugas ini memantau, bagaimana masyarakat supaya sadar, semuanya memakai masker dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19, terutama di tempat-tempat tertentu yang digunakan sebagai titik kumpul masyarakat,” ujar Indartato di sela-sela kegiatan, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Apresiasi Pelayanan Bekam #RumahHijau

Ke depan, secara serentak gerakan tersebut akan terus dilaksanakan diseluruh wilayah Pacitan oleh tim Gugus Tugas bersama Polsek Jajaran Polres Pacitan dan Koramil Jajajaran Kodim 0801 Pacitan.

“Supaya masyarakat ini lebih sadar. Hasil rapat kemarin, kemungkinan ada sangsi bagi yang tidak memakai masker,” imbuh Indartato.

Terpisah, Kapolres Pacitan, AKBP Didik Haryanto, S.I.K. berharap, ke depan ada regulasi, baik dalam bentuk peraturan bupati maupun lainnya.

“Misalnya dalam bentuk tindakan fisik maupun sangsi dalam bentuk kebersihan lingkungan dan sebagainya. Tapi kita masih menunggu regulasi itu,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat di Pacitan masih mematuhi terkait penggunaan masker, meskipun hanya beberapa orang saja yang tidak patuh dengan beragam alasan.

Baca Juga:  Wadanjen Akademi TNI Tinjau Rute Panglima Sudirman di Wilayah Pacitan

“Ada yang bawa tapi tidak digunakan dengan alasan buru-buru kerja, setelah kita hentikan dan kita periksa ternyata membawa masker. Polsek sudah kami gerakan kerjasama dengan teman-teman Koramil, untuk tetap mensosialisasikan penggunaan masker di tempat-tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat,” katanya.

Diharapkan dengan adanya pembagian masker dan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan itu, masyarakat akan semakin sadar dan turut berpartisipasi mengkampanyekan tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

‘Kegiatan ini sangat efektif guna menekan penyebaran Covid-19 khusus di Pacitan, karena saat ini jumlah kasus positif Covid-19 cukup tinggi yaitu 27 pasien, dengan 11 pasien dinyatakan sembuh,” pungkasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul