oleh

Garnita NasDem Jatim Edukasi Orangtua Saat Pandemi Covid-19 Lewat Diskusi Virtual

MEDIAJATIM.COM | Surabaya – Garnita Malahayati NasDem Jawa Timur menggelar Webinar dengan tema ” Mengatasi Kesulitan Orangtua anak balita di masa Pandemi Covid-19″. Kegiatan tersebut diikuti oleh umum kurang lebih 100 Wali murid dan Bunda PAUD yang diundang oleh kader-kader Garnita yang ada di Jawa Timur.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur, Muzammil Syafi’e saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya. Menurut politisi yang akrab disapa Buya Muzammil itu, apa yang dilakukan Garnita, dengan mengundang para pakar dan memberikan solusi dan edukasi saat pandemi Covid-19 adalah kegiatan luar biasa.

Apalagi, Pandemi Covid- 19 yang telah berlangsung kurang lebih delapan bulan ini benar-benar menimbulkan banyak persoalan di masyarakat, bukan hanya masalah kesehatan. ” Kalau kesehatan sudah pasti itu masalah utama Covid-19 ini, tak hanya itu efeknya juga pada persoalan ekonomi, pendidikan yang akhirnya sekarang masih dilakukan dengan daring, maka apa yang dilakukan Garnita ini benar-benar luar biasa dan semoga bisa memberikan manfaat,” ungkap Wakil Katua DPW Partai NasDem Jatim ini.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris DPW Garnita Malahayati Jawa Timur, Lilyana Phandeirot saat menyampaikan sambutannya menceritakan bahwa munculnya ide tersebut berawal dari banyaknya keluhan dari Ibu-ibu yang memiliki anak terutama usia dini yang mengalami kesulitan saat masa pandemi Covid-19, terutama dalam menemani anak belajar di rumah .” Makanya Garnita merespon membuat diskusi dengan tema tersebut, dan ini akan kita lakukan dengan tiga seri berturut-turut,” jelas perempuan yang akrab disapa Kakak Lilyana ini.

Baca Juga:  H Marsuki: Saya Merespon Harapan Masyarakat

Menurut Lilyana, mendampingi anak belajar di rumah tidaklah semudah yang kita bayangkan. Apalagi buat ibu-ibu pekerja yang kesehariannya sudah berhadapan dengan beratnya tugas di kantor, ia masih harus menyempatkan waktu dengan sabar menemani anaknya belajar di rumah.

Untuk itulah, melalui webinar ini, kedua Narasumber yang pakar di dunia pendidikan akan mengupas tuntas bagaimana kita bisa mengatasi kesulitan itu. ” Kita akan menjadi pendamping yang baik dan fun buat anak kita nantinya bukan pendamping yang tertekan lagi. Solusi dari kedua narasumber ini semoga bermanfaat buat bapak/ ibu sekalian,” pungkasnya.

Dr. Harianto GP, D.Th, D.Ed, Ketua STT Excelcius sebagai salah satu narasumber dalam Webinar tersebut menyampaikan materi Tips Orang Tua Menghadapi Kebosanan Anak-anak Balita Belajar Daring saat Pandemi Covid-19.

Baca Juga:  NasDem Jember Tak Pernah Kendor Perangi Covid-19

Menurut Harianto, orang tua dituntut bisa menyenangkan anak agar anak tidak sampai rindu ingin bertemu gurunya dan tidak mau belajar. Gunakan metode belajar sambil bermain yang kreatif dan inovatif.

Harianto menambahkan, membuat sesi belajar di rumah terkesan susah-susah gampang. Orang tua harus mampu meningkatkan konsentrasi anak setaraf dengan di sekolah. ” Buat ruangan khusus untuk anak belajar, siapkan peralatan seperti meja, kursi, laptop dan buku-buku dengan baik. Buat anak-anak memanggil kamu dengan sebutan Ibu atau Bapak, ciptakan jadwal yang sama, buat bel istirahat, dan selingi dengan game seru yang masih berkaitan dengan pembelajaran,” jelasnya.

Menyelesaikan program guru dan orang tua. ” Jadi orang tua tidak boleh memforsir anak, orang tua harus berkomunikasi dengan guru terkait tingkat pengetahuan yang harus dipahami oleh anak,” ungkapnya.

Narasumber kedua, Dr. Lies Budyana, M.Si, CBA pemaparannya lebih menekankan kesiapan mental Orangtua dalam menemani anak belajar di rumah.

Reporter: Rusman

Redaktur: Aryudi AR