FKUB Pamekasan Salurkan Bantuan Sembako dan Jamban

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pamekasan menggelar bakti sosial. Bakti sosial tersebut berupa penyaluran sembilan bahan pokok (sembako) kepada para lanjut usia (lansia) dan janda miskin di Pamekasan, Sabtu (23/10/2021).

Sebanyak 1.000 paket sembako diberikan kepada para lansia dan janda miskin yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan. Sebagai pembukaan, 100 paket sembako diberikan kepada penerima di wilayah Kecamatan Pamekasan. Sembako diberikan di Pendopo Budaya, Rumah Dinas Wakil Bupati Pamekasan.

Ketua FKUB Pamekasan KH. Muid Khozin menerangkan, dalam menggelar bakti sosial tersebut pihaknya bekerja sama dengan Rotary Club, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) dan Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag). Mereka berkolaborasi menyalurkan donasi kepada kelompok yang membutuhkan.

Baca Juga:  Dinsos Bangkalan Bantah Tudingan Isi Paket Sembako Asal-asalan

“Penerimanya dari berbagai agama, tapi memang yang muslim lebih banyak. Karena memang mayoritas,” ucap pengasuh Pondok Pesantren Darul Akhlaq, Desa Toronan itu.

Dia menambahkan, bantuan yang diberikan tidak hanya berupa sembako, melainkan juga ada bantuan jamban. Bahkan, pihaknya bersama beberapa instansi yang bergabung juga meninjau sanitasi air di beberapa pondok pesantren di Pamekasan. Pihaknya berupaya membantu pondok pesantren mendapatkan bantuan air bersih.

Sementara itu, Assistant Governor Area 7 District 3420 Surabaya Franky Chandra menjelaskan, Rotary merupakan organisasi sosial bergerak di bidang pengabdian kepada masyarakat. Anggota Rotary berasal dari kalangan pengusaha, pejabat dan profesional. Donasi yang dikumpulkan Rotary berasal dari donator internasional.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UIM di Kaduara Barat Tuai Pujian

“Rotary ini sudah ada di sekitar 120 negara. Kami memberikan bantuan berupa projek ke negera yang kurang mampu,” jelas Franky.

Pada bakti sosial bersama FKUB, Rotary memberikan bantuan 350 paket sembako dan jamban untuk masyarakat tidak mampu. Pihaknya memiliki kuota 5.000 jamban untuk seluruh wilayah di Indonesia. Di Pamekasan Rotary sudah membangun beberapa kamar mandi untuk pondok pesantren.

“Kami sudah mendapatkan penghargaan MURI untuk pengadaan jamban terbanyak di Indonesia,” pungkas Franky.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat