Rumah Zakat Kirim Bantuan Donatur dan Mitra dengan Truk Kebaikan Semeru

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Surabaya – Rumah Zakat memberangkatkan Truk Kebaikan Semeru yang berisi bantuan dari para donatur dan mitra. Truk Kebaikan diberangkatkan dari dua kota yakni Kediri dan Surabaya, Jumat (9/12/2021). Truk Kebaikan ini merupakan program Rumah Zakat yang bertujuan untuk menyalurkan bantuan titipan para donatur berupa perlengkapan bayi dan perempuan, healthy kit, sembako, air minum, selimut, dan alas tidur.

“Untuk tahap pertama ini kita memberangkatkan dua truk dari dua kota. Selanjutnya Truk Kebaikan akan diberangkatkan juga dari Yogyakarta, Solo, Malang, dan Jakarta. Alhamdulillah antusiasme para donatur terhadap program ini sangat baik sekali,” ujar Branch Manager Rumah Zakat Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Tantan Supriatna.

Baca Juga:  Terdegradasi, Perssu Tinggalkan Liga 2

Dua Truk Kebaikan Semeru ini akan dikirimkan ke dua pos Rumah Zakat Action yang berada di Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo Kabupaten Lumajang setelah sebelumnya diterima oleh Bupati Lumajang.

“Semoga bantuan dari para donatur dan mitra ini dapat meringankan beban dan kesedihan para penyintas Erupsi Gunung Semeru,” ungkap Tantan.

Di tahap tanggap darurat ini 20 relawan Rumah Zakat berkolaborasi dengan pihak terkait melakukan evakuasi korban, pelayanan ambulans, penyaluran 2000 paket Superqurban, distribusi 300 masker, 150 paket makanan siap saji, layanan Kesehatan, hingga psikososial bagi anak-anak penyintas erupsi Semeru.

“Adapun rencana aksi Rumah Zakat di masa recovery nanti antara lain bantuan renovasi infrastruktur fasilitas umum dan sarana ibadah, penyediaan hunian sementara dan hunian tetap, hingga pemulihan ekonomi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru,” tutur Tantan.

Baca Juga:  Sumenep Dilanda Kekeringan

Sementara itu antusiasme donatur yang menitipkan donasi bagi masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru terus berdatangan. Oleh karena itulah Rumah Zakat terus berupaya menyiapkan kanal-kanal donasi untuk memudahkan para donatur.

“Saat ini donatur bisa berdonasi untuk penyintas erupsi Gunung Semeru melalui website. Caranya klik rumahzakat.org/donasi/bencana-nasional. Tak perlu konfirmasi dan dapat berdonasi via transfer virtual account, e wallet, dan juga kartu kredit,” kata Tantan. (*)