Tim SPAB Gelar Pelatihan Tanggap Bencana di SMPN 1 Pamekasan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Tim Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dari BPBD Jatim dan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kini menyasar ke Pamekasan. Kali ini kegiatan diadakan di SMP Negeri 1, Jalan R. Abdul Azis No.125, Pamekasan. Kegiatan SPAB ini diadakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 10-11 Agustus 2022.

Sambutan antusias terlihat dari para guru, staf sekolah, siswa, komite sekolah, dan perangkat lainnya. Apalagi di sekolah ini baru pertama kali diadakan pelatihan kebencanaan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada BPBD Jatim dan BPBD Pamekasan karena diberikan kesempatan sebagai tempat pelaksanaan SPAB ini,” kata Kepala SMP Negeri 1 Pamekasan Jamil, Kamis, 11 Agustus 2022.

Baca Juga:  Pemdes Sentol Daya Ajak Masyarakat Mencintai Lingkungan

Apalagi sekolah ini, menurut Jamil, baru pertama kali diberikan pembekalan tentang SPAB dan pemadaman api ringan. Baik yang menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) maupun goni basah.

Menurut Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih, kegiatan SPAB ini merupakan bagian dari road show di 19 kabupaten/ kota di Jatim. Pamekasan adalah lokasi kedua sasaran SPAB. “Diharapkan seluruh stakeholder sekolah bisa meningkatkan kapasitasnya dalam penanggulangan bencana,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) dihadirkan dengan videotron dan perpustakaan. Mosipena akan keliling mengikuti jadwal SPAB di 19 kabupaten/ kota.

Baca Juga:  Ramadhan, Satpol PP Tegur Pemilik Warung Makan

Materi lainnya yang disuguhkan adalah pembentukan Tim Siaga Bencana Sekolah (TSBS). Juga pembuatan dokumen kajian risiko, prosedur tetap penanggulangan bencana sekolah, dan rencana aksi sekolah.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan dokumen kajian risiko bencana oleh kepala sekolah kepada kepala pelaksana BPBD Pamekasan.

Peserta kegiatan di SMP Negeri 1 Pamekasan ini sejumlah 100 orang. Meliputi kepala sekolah, guru, staf, siswa, dan komite sekolah. (*)

WhatsApp chat