PERIODE II

IAIN Madura Resmi Buka Dua Prodi Eksakta, Dekan Fakultas Tarbiyah: Menjelang UIN!

Media Jatim
IAIN Madura
(Dok. Media Jatim) Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura Siswanto.

Pamekasan — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura secara resmi sudah mendapat izin untuk membuka dua Program Studi (Prodi) Eksakta di Fakultas Tarbiyah.

Prodi tersebut yakni Tadris Matematika dan Tadris IPA. Surat Keputusan (SK) keluar pada 27 Mei 2022 untuk Prodi Tadris Matematika, dan 10 Mei 2022 untuk Tadris IPA.

Banner pengumuman baru dipajang karena kita baru tahu informasinya,” terang Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura Siswanto kepada mediajatim.com, Rabu (7/12/2022).

Dosen Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan Pascasarjana itu juga membeberkan alasan dibukanya dua prodi baru tersebut.

Baca Juga:  Bulog Musnahkan 16 Ton Beras Oplosan Hasil OTT di Sumenep

Pertama, sebagai salah satu syarat menuju Universitas Islam Negeri (UIN) Madura. Sebab, untuk menjadi UIN harus ada Prodi Eksakta.

Kedua, untuk memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat. Ketiga, bagian dari upaya Fakultas Tarbiyah untuk mengintegrasikan bidang-bidang keilmuan.

“Ini sangat penting untuk pengembangan kelembagaan khususnya di Fakultas Tarbiyah, dan adanya dua Prodi baru ini kelembagaan Fakultas Tarbiyah akan semakin luas,” imbuhnya.

Sementara salah satu syarat bisa menyelenggarakan prodi baru yakni minimal ada lima dosen yang relevan dengan prodi tersebut.(mj6/ky)