Daerah  

DPRD Bangkalan Larang Keluarga Cakades Jadi Panitia Pilkades!

(Helmi Yahya/Media Jatim) Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Syaiful Anam usai rapat antisipasi konflik Pilkades 2023, Rabu (14/12/2022).

Bangkalan — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan meminta seluruh Camat untuk ekstra mengawasi hubungan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) dengan Calon Kepala Desa (Cakades).

Mereka bahkan mendesak agar P2KD yang memiliki hubungan keluarga dengan Cakades untuk segera mundur.

iklan

“Kami akan segera sampaikan ini agar menjadi perhatian pada proses Pilkades yang akan datang,” kata Ketua Komisi A DPRD Bangkalan H. Syaiful Rabu (14/12/2022).

Politisi Gerindra itu menilai, kedekatan P2KD dengan Cakades potensial menyulut konflik di desa. Sebab, hubungan dekat cenderung mendorong keberpihakan.

“Panitia sebisa mungkin menjaga independensinya, agar konflik bisa diminimalisir,” Ulasnya.

Baca Juga:  Mengejutkan! Para Kades Teriak Aliyadi Mustofa Gubernur Jawa Timur

Sementara pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Rudiyanto membenarkan kedekatan P2KD dengan Cakades tengah menjadi atensi.

“Atas berbagai pertimbangan, dan kalau memang dirasa dibutuhkan karena kearifan lokal, maka harus dilakukan,” tuturnya, Rabu (14/12/2022).

Dia berkomitmen, jika nanti ada laporan atau indikasi mengarah kepada hal tersebut, pihaknya akan memproses itu.

“Sementara ini belum ada laporan, makanya kami antisipasi, kalau ada nanti kami proses dan klarifikasi dulu,” pungkasnya. (hel/ky)