Daerah  

Pamekasan Rawan Bencana, Mahasiswa KKN Unira Gandeng FPRB dan FRPB Edukasi Masyarakat

Penanggulangan Bencana
(Dok. FRPB Pamekasan) Masyarakat belajar mengatasi tabung gas yang bocor di Desa Konang, Kecamatan Galis, Sabtu (17/12/2022).

Pamekasan — Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) dan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan menggelar edukasi kebencanaan kepada masyarakat di Desa Konang, Kecamatan Galis, Sabtu (17/12/2022).

Kegiatan yang diinisiasi mahasiswa KKN Unira tersebut diikuti 110 orang. Terdiri dari ibu-ibu sekitar kantor Desa Konang, perangkat desa, siswa, guru, serta wali murid TK Darma Wanita Konang.

iklan

Analis Muda Kebencanaan BPBD Pamekasan Budi Cahyono menyampaikan, masyarakat harus memahami bencana yang sering terjadi, dan bagaimana cara mencegah serta menyelesaikannya.

“Pamekasan ini rawan bencana, ada sembilan ancaman bencana di Pamekasan. Di Desa Konang sering terjadi kebakaran, kekeringan, dan sekarang sudah sering banjir,” ungkapnya, Sabtu (17/12/2022).

Masyarakat Desa Konang, tambah Budi, diedukasi salah satunya tentang cara memadamkan api sebab kebocoran tabung gas serta simulasi gempa.

Baca Juga:  Hadir pada Pelantikan PPS, Bupati Pamekasan: Penyelenggara Pemilu Penentu Masa Depan Indonesia!

Kepala Desa Konang melalui Pamong Desa Urusan Pemerintahan Suhadi mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai mahasiswa KKN Unira tersebut.

“Kegiatan ini luar biasa dan belum pernah ada sebelumnya, dan terima kasih kepada narasumber FRPB dan FPRB yang sudah hadir padahal padat kegiatan,” ungkapnya.

Ketua Kelompok 18 KKN Unira, Ansob, juga menyampaikan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraan acara tersebut.

“Terima kasih FRPB dan FPRB yang telah berkenan berbagi ilmu kepada kami mahasiswa Unira dan masyarakat Desa Konang. Ilmu ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kami,” pungkasnya. (rif/ky)