WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Cerita Ra Abbas Katandur dalam Menebar Dakwah di Jalanan

Media Jatim
8
(Dok. Media Jatim) Ra Abbas Muhammad Katandur saat bersama Pengurus Sajak di Pantai Jumiang, Rabu (25/1/2023).

Pamekasan — Madura beruntung punya banyak pesantren yang berperan besar dalam membentuk kehidupan masyarakat berlandaskan nilai-nilai keislaman.

Dari pesantren-pesantren inilah, lahir kiai-kiai dan tokoh agama bersahaja, kharismatik dan peduli pada umat.

Salah satu kiai kharismatik itu bernama Abbas Muhammad Katandur. Ra Abbas, begitulah banyak orang memanggilnya, adalah tokoh agama yang punya kepedulian tinggi pada masyarakat.

Dia tak seperti kiai pada umumnya yang selalu berdakwah dari mimbar-mimbar masjid, di panggung-panggung pengajian, atau di forum-forum keagamaan.

Dakwahnya Ra Abbas justru di jalanan. Lora muda dari dhalem timur Pondok Pesantren Banyuanyar itu sudah lama mendampingi para bikers di Pamekasan melalui komunitasnya, Saresehan dan Shalawat Jalanan Katandur (Sajak).

Banner Iklan Media Jatim

Ra Abbas bercerita, saat awal-awal menghimpun pencinta motor, beliau blusukan ke warga di Pamekasan.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19; Pusdokkes Polri, Smile Train dan PERAPI Gelar Operasi Bibir Sumbing se-Indonesia

“Saya juga pernah ngopi dan main domino bersama masyarakat,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Rabu (25/1/2023).

Hal itu dilakukan karena, kata Ra Abbas, pesantren harusnya memang leluasa masuk di semua lini kehidupan masyarakat tanpa membeda-bedakan status sosialnya. Sehingga ajaran Islam dapat tersampaikan secara baik ke semua kalangan.

“Kami ingin menebarkan kedamaian Islam tanpa harus membuang identitas masing-masing anggota di Komunitas Sajak, yang identik dengan anak motor,” jelasnya.

Menurut Ra Abbas, umat Islam memang harus bersatu meski dengan latar belakang yang berbeda. “Bersama dalam keberagaman,” pungkasnya.(rif/faj)