MSFC DISPLAY WEB

Meski Jadi Provinsi dengan Perpustakaan Terakreditasi Paling Banyak se-Indonesia, Minat Baca Warga Jatim Masih di Urutan Kelima

Media Jatim
Perpustakaan
(Dok. Perpustakaan dan Arsip Kota Malang) Sejumlah pustakawan saat asik membaca buku di Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Desember 2022 lalu.

Surabaya, mediajatim.com — Jawa Timur (Jatim) dinobatkan sebagai provinsi dengan perpustakaan terakreditasi terbanyak se-Indonesia tahun 2022.

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI), jumlah perpustakaan di Jatim yang telah terakreditasi berjumlah 2.096. Padahal di tahun sebelumnya masih berjumlah 1.658 perpustakaan.

Namun, meski punya banyak perpustakaan, hasil survei Perpusnas RI pada 11.158 responden yang tersebar di 102 kabupaten dan kota, kegemaran membaca masyarakat di Jatim masih menduduki peringkat kelima, dengan 68,54 poin.

Sedangkan urutan pertama diduduki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 72,29 poin, lalu menyusul urutan kedua yaitu Jawa Tengah dengan 70,6 poin.

Banner Iklan Media Jatim

Sementara di peringkat ketiga ditempati Jawa Barat dengan 70,1 poin, sementara DKI Jakarta menempati urutan keempat dengan 68,71 poin.

Baca Juga:  Dilindas Truck LPG, Pengendara Vario di Sumberayu Tewas

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kerja keras segenap pegiat perpustakaan di seluruh wilayah Jatim.

“Kami berharap apresiasi dari Perpusnas RI tersebut juga bisa lebih meningkatkan literasi membaca sejak dini,” ungkapnya, Rabu (8/3/2023).

Gubernur Khofifah juga berjanji, ke depan akan terus mendorong kegemaran membaca di Jatim juga semakin meningkat tiap tahunnya.

“Gemar membaca harus dimulai sejak kecil, sehingga bisa menjadi karakter bagi masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya.(rif/faj).